Ratu Elizabeth II Dimakamkam dalam Peti Berlapis Timah? Ternyata Ini Alasannya

- Jumat, 16 September 2022 | 14:26 WIB
Ratu Elizabeth II (foto: AP Photo)
Ratu Elizabeth II (foto: AP Photo)

SUARAMERDEKA.COM - Kerajaan Inggris memiliki beberapa tradisi unik, termasuk dalam prosesi kematian. Salah satunya, peti mati yang digunakan jenazah Ratu Elizabet II, dilapisi timah.

Sang Ratu akan dimakamkan di peti mati dari kayu ek dengan berat satu ton karena dilapisi dengan timah.

Sebelumnya peti mati suaminya, Pangeran Philip dan mantan menantunya, Putri Diana juga dilapisi timah. Peti mati Ratu Elizabeth II, bahkan sudah disiapkan sejak 30 tahun lalu.

Baca Juga: Perancang Lego dan Game Minecraft, Intip Yuk Profil Bjorka Dieter Morscheck

Praktek menempatkan bangsawan ke dalam peti mati yang dilapisi timah sudah berlangsung ratusan tahun. Hal ini tidak ada hubungannya dengan mitos yang mencegah arwah kembali bangkit dari kubur atau melawan kekuatan supernatural.

Dilansir dari iflscience.com, selama berabad-abad, Raja, Ratu, Pangeran, dan Putri telah ditempatkan di peti mati timah untuk mengawetkan tubuh mereka dengan lebih baik.

Tradisi ini berasal dari masa ketika metode pengawetan modern belum tersedia. Ini dikarenakan formaldehida atau formalin yang berfungsi untuk mengawetkan mayat baru ditemukan pada tahun 1869.

Baca Juga: Identitas Terkuak 'Anak Kemaren Sore' di Forum Breach, Ini Rekam Jejak Prestasi Buruk Hacker Bjorka

Peti mati berlapis timah memperlambat dekomposisi tubuh dengan menjaga kelembaban dari peti mati. Sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membusuk.

Dengan kata lain, peti mati timah ini kedap udara dan memiliki fungsi untuk memperlambat dekomposisi sehingga peti tidak akan mengeluarkan bau tidak sedap selama proses pembusukan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X