Prancis Siap Tingkatkan Kerja Sama Strategis dengan Indonesia dan Negara Mitra di Kawasan Indo-Pasifik

- Kamis, 15 September 2022 | 06:45 WIB
Senator Temal dalam pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa 13 September 2022, di Kantor Kemenko Perekonomian. (suaramerdeka.com / dok ekon.go.id)
Senator Temal dalam pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa 13 September 2022, di Kantor Kemenko Perekonomian. (suaramerdeka.com / dok ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Prancis siap meningkatkan kerja sama strategis dengan negara mitra di kawasan Indo-Pasifik, termasuk Indonesia.

Senator Rachid Temal, Delegasi Komisi Luar Negeri, Pertahanan dan Angkatan Bersenjata pada Senat Republik Prancis mengatakan, Delegasi Senat Prancis berkeinginan untuk bertukar pandangan mengenai kawasan Indo-Pasifik dengan pihak Indonesia.

Prancis juga mempertimbangkan posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2023.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Chelsea Vs Salzburg Berakhir Seri 1-1

"Kunjungan kami ke Indonesia kali ini bertujuan untuk melakukan studi atau kajian terkait Strategi Prancis di Kawasan Indo-Pasifik,” ujar Senator Temal dalam pembukaannya dalam pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa 13 September 2022, di Kantor Kemenko Perekonomian.

Dijelaskan pula bahwa Pihak Prancis juga menyampaikan keingintahuan terkait pendekatan yang diambil oleh Indonesia di kawasan Indo-Pasifik.

Kemudian, bagaimana strategi untuk menjaga kawasan agar tetap inklusif dan dapat memberikan kesejahteraan bagi rakyat.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Manchester City Menang Tipis 2-1 Atas Dortmund, Haaland Bikin Gol

Menanggapi hal tersebut, Menko Airlangga menjelaskan konsep Indo-Pasifik yang dimiliki oleh Prancis memiliki kemiripan dengan Indonesia.

Di mana Indonesia memandang kawasan tersebut bukan hanya dari sisi politik dan keamanan semata, namun juga dilihat dari sisi ekonomi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Obesitas Siswa, SMA di Meksiko Terapkan Cara Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 20:54 WIB

Memanas, AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata China

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:36 WIB
X