Anggota G20 Diajak Perkuat Kerja Sama Kolektif Atasi Permasalahan Lingkungan

- Jumat, 23 Juli 2021 | 13:45 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya dalam G20 Enviroment Ministers' Meeting yang dilangsungkan secara virtual dari Naples Italia. (suaramerdeka.com / dok)
Menteri LHK Siti Nurbaya dalam G20 Enviroment Ministers' Meeting yang dilangsungkan secara virtual dari Naples Italia. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengingatkan agar negara-negara G20 dapat menyelesaikan tantangan-tantangan lingkungan secara seimbang dan holistik.

Tak lupa sambil membangun dunia pasca pandemi yang lebih tangguh dan inklusif berdasarkan keadaan dan prioritas kebangsaan masing-masing.

Ia juga menyebut jika G20 dapat menjadi katalis yang mempercepat pemulihan lingkungan dan mendorong pembangunan berkelanjutan yang lebih baik.

"Sebagai negara anggota G20, kita memiliki tanggung jawab menjadi katalis global untuk mengatasi tantangan lingkungan dan pemulihan berkelanjutan melalui contoh-contoh konkrit," ujar Siti Nurbaya dalam paparannya pada G20 Enviroment Ministers' Meeting yang dilangsungkan secara virtual dari Naples Italia.

Baca Juga: Harlah PKB, Masyarakat Diajak Sukseskan Vaksinasi

Ia pun menekankan kepada para Menteri Lingkungan negara-negara anggota G20 bahwa Indonesia tidak hanya mengajak, namun juga telah mengimplementasikan ambisi yang sangat kuat dalam upaya mencapai SDG.

Di antaranya, melalui aksi-aksi konkret yang sudah memperlihatkan hasil dalam perlindungan sumber daya alam nasional.

"Data menunjukkan laju deforestasi Indonesia pernah mencapai 3,5 juta hektar per tahun antara tahun 1996 dan 2000, lalu turun menjadi 0,44 juta pada 2019 dan semakin berkurang menjadi 0,115 juta hektare pada tahun 2020," ungkapnya sambil menambahkan Indonesia telah mencapai rekor terendah laju deforestasi.

Baca Juga: Musim Haji Tahun Ini Lancar, Arab Saudi Klaim Aman dari Covid-19

Aksi-aksi konkret lain disebutkan Menteri Siti diantaranya, program memperbaiki lahan terdegradasi dengan mempercepat upaya rehabilitasi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X