Seruan Masjid Muhammad Perkokoh Kedamaian di Amerika Serikat

- Minggu, 18 Juli 2021 | 06:00 WIB
Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf menyampaikan pidato bersama para pemimpin komunitas W. Deen Mohammed dan WEA, di Washington DC, AS. (suaramerdeka.com / dok)
Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf menyampaikan pidato bersama para pemimpin komunitas W. Deen Mohammed dan WEA, di Washington DC, AS. (suaramerdeka.com / dok)

WASHINGTON DC, suaramerdeka.com - Tokoh-tokoh agama, politik, dan intelektual Amerika Serikat (AS) berkumpul di Masjid Muhammad, di Washington, DC, Selasa (13/7) siang waktu setempat.

Mereka hadir untuk menyaksikan diumumkannya pembentukan aliansi antara Gerakan Global Humanitarian Islam, Komunitas Warith Deen Mohammed, dan World Evangelical Alliance (WEA).

Aliansi ini membangun ikatan yang kokoh di antara agama-agama dunia dalam upaya bersama mencari jalan keluar dari konflik antaridentitas dan memperjuangkan perdamaian.

Hadir antara lain, Johnnie Moore (juru bicara komunitas Evangelis Amerika dan tokoh Partai Republik); David Saperstein (pemimpin Yahudi Reformis yang juga tokoh Partai Demokrat).

Baca Juga: Kinerja MUI Jateng Dinilai Terbaik se-Indonesia

Kemudian, Paul Marshal (The Hudson Institute); Imam Imam Talib Shareef, pimpinan komunitas W. Deen Mohammed; dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf. Beberapa utusan KBRI di Washington, DC juga hadir dalam kesempatan itu.

Aliansi tiga pihak tersebut mengumumkan pernyataan bersama yang mereka sebut “The Nation’s Mosque Statement” (Seruan Masjid Muhammad).

Mereka mengajak semua orang yang berkehendak baik dari semua agama dan kebangsaan untuk bergabung dalam aliansi global yang dibangun di atas landasan nilai-nilai keadaban bersama (shared civilizational values).

Baca Juga: PPKM Darurat Vs Harus 'Dipaksa'

Menurut Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf, dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi menyebutkan, aliansi global itu bertujuan untuk mencegah dijadikannya identitas sebagai senjata politik, membendung penyebaran kebencian komunal.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X