Varian Delta Mengganas, Pelancong Indonesia Dilarang Masuk Filipina

Red
- Jumat, 16 Juli 2021 | 11:52 WIB
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Mulai hari ini hingga Akhir Juli 2021, Filipina resmi melarang masuk pendatang dari Indonesia. Hal ini untuk mencegah penyebaran dan transmisi Covid-19, khususnya varian Delta.

Juru Bicara Kepresidenan Filipina, Harry Roque, mengumumkan Presiden Rodrigo Duterte telah menyetujui rekomendasi untuk memasukkan Indonesia ke dalam daftar tujuh negara yang saat ini dalam pembatasan perjalanan, demikian seperti dilansir dari Philippines News Agency (PNA).

"Istana menegaskan bahwa Presiden Rodrigo Duterte telah menyetujui pembatasan perjalanan bagi semua pelancong yang datang dari Indonesia atau mereka yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 14 hari terakhir sebelum kedatangan di Filipina," kata Roque dalam keterangan resminya dikutip dari PNA, Jumat (16/7).

Baca Juga: Masjid Jami Al-Qodar Bagikan 300 Paket Imun Covid-19 untuk Jemaah

Negara-negara yang sudah tercantum dalam larangan perjalanan tersebut yaitu India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Uni Emirat Arab, dan Oman.

Roque mengatakan pelancong dari Indonesia akan dilarang memasuki negara itu mulai 16 Juli hingga 31 Juli. Penumpang yang sudah transit dari Indonesia dalam 14 hari segera sebelum kedatangan ke Filipina, yang tiba sebelum 16 Juli masih dapat diizinkan masuk ke negara tersebut.

Namun, penumpang tersebut akan diminta untuk menjalani karantina selama 14 hari penuh walaupun hasil tes reverse transcription-polymerase chain reaction (RT-PCR) negatif.

Sekretaris Kesehatan Francisco Duque III sebelumnya mengatakan Satuan Tugas Antar Lembaga untuk Manajemen Penyakit Menular yang Muncul (IATF-EID) telah merekomendasikan larangan perjalanan dari Indonesia karena memerangi lonjakan infeksi Covid-19 yang memburuk.

Baca Juga: Inovasi Optimal Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat, Kemendagri Minta Fokus 6 Area Ini

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Covid-19 Korea Selatan Tembus Angka 3.000

Sabtu, 25 September 2021 | 15:47 WIB
X