Dugong Punah di Tiongkok di Indonesia Masih ada ? Cek di Sini

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 09:03 WIB
Ilustrasi Dugong di Tiongkok punah di Indonesia dilansir dari kkp.go.id, dugong masih ditemukan di   Perairan Wilayah Timur Indonesia. (pixabay)
Ilustrasi Dugong di Tiongkok punah di Indonesia dilansir dari kkp.go.id, dugong masih ditemukan di Perairan Wilayah Timur Indonesia. (pixabay)



JAKARTA, suaramerdeka.com - Dugong, mamalia laut yang menginspirasi kisah Putri Duyung ini dinyatakan punah secara fungsional di Tingkok. Lantas apakah dugong masih ada di Indonesia ?

Berbeda di Tiongkok, Dilansir dari kkp.go.id, habitat dugong masih ada di Perairan Wilayah Indonesia Timur, yakni di Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Jadi belum punah.

Bukti lain dugong belum punah seperti di Tiongkok, yakni di mana Balai Pengelolaan SD Pesisir dan Laut Padang, Direktorat Jendral Pengelolaan Tuang Laut, juga menyebut, dugong masih sering dijumpai di Kepulauan Riau karena kondisi perairan dan padang lamun yang bagus.

Baca Juga: 5 Manfaat Lamun bagi Manusia, Nomor 4 Tidak Diduga

Pada September 2021 lalu, seekor dugong atau duyung ditemukan warga dengan kondisi mati terdampar di Pulau Kucing, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Dugong tersebut, diungkapkan Koordinator Komunitas Sahabat Penyu, Muh Yusri, diduga mati karena tersangkut jaring nelayan.

Dari UGM menyebutkan, dugong di Indonesia tersebar dari perairan Sumatera hingga Papua. Dugong hidup berdampingan dengan lamun atau seagrass, tumbuhan air berbunga yang hidup dan tumbuh terbenam di lingkungan laut.

Baca Juga: 9 Fakta Lamun, Pelindung Biota Laut yang Terlupakan

Dugong hidup berdampingan dengan lamun atau seagrass, tumbuhan air berbunga yang hidup dan tumbuh terbenam di lingkungan laut.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X