Indonesia dan Prancis Perkuat Kerja Sama, Ini Ruang Lingkupnya

- Selasa, 6 Juli 2021 | 09:00 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat menerima kunjungan pejabat senior dari The AFD dan pejabat senior dari French Treasury di KBRI Paris. (suaramerdeka.com / dok)
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat menerima kunjungan pejabat senior dari The AFD dan pejabat senior dari French Treasury di KBRI Paris. (suaramerdeka.com / dok)

PARIS, suaramedeka.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menekankan penguatan kerja sama Indonesia-Prancis dalam sejumlah ruang lingkup.

Di antaranya pembangunan rendah karbon, green and blue economy, hingga kerja sama pembiayaan pembangunan proyek-proyek pemerintah.

Hal itu diungkapkan saat menerima kunjungan pejabat senior dari The Agence Française de Développement (AFD) dan pejabat senior dari Kementerian Ekonomi dan Keuangan (French Treasury) di KBRI Paris didampingi Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir.

Baca Juga: Adendum SE Satgas Covid-19 tentang Prokes Perjalanan Internasional Resmi Dikeluarkan

Beberapa proyek potensial untuk dikembangkan adalah waste to energy project. AFD juga akan mendukung penuh langkah Indonesia dalam mengusung pilot project pencanangan Bali sebagai blue island.

“Kementerian PPN/Bappenas telah menyiapkan strategi transformasi ekonomi. Kerja sama AFD dengan Kementerian PPN/Bappenas adalah salah satunya bentuk usaha untuk pelaksanaan strategi transformasi ekonomi Indonesia, khususnya green economy,” ujar Menteri Suharso.

Kementerian PPN/Bappenas akan memfasilitasi proyek potensial untuk dibiayai pinjaman AFD seperti eco-fishing port dan mass transit program khususnya di Bandung dan Medan.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pemkab Pati Pastikan Semua Tempat Karaoke Tutup

Dalam kesempatan tersebut, pihak AFD menyampaikan ke depannya operasional kantor perwakilan di Indonesia akan beroperasi sebagai institusi yang terpisah dari Kedutaan Besar Perancis di Indonesia.

Hal itu tak lepas dengan semakin eratnya kerja sama AFD dengan Indonesia serta banyaknya proyek-proyek kerja sama serta dalam rangka meningkatkan fleksibilitas operasional.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X