G20 Ministerial Meeting, Ketahanan Pangan Global Jadi Pembahasan Suharso Monoarfa

- Sabtu, 3 Juli 2021 | 09:36 WIB
G20 Foreign and Development Joint Ministerial Meeting. (suaramerdeka.com / dok)
G20 Foreign and Development Joint Ministerial Meeting. (suaramerdeka.com / dok)

MATERA, suaramerdeka.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menghadiri G20 Foreign and Development Joint Ministerial Meeting and the G20 Development Ministerial Meeting di Matera, Italia, Selasa (29/6) waktu setempat.

Dalam Joint Ministerial Meetings yang pertama kali digelar sepanjang sejarah G20 tersebut, Menteri Suharso membahas aksi kolektif untuk ketahanan pangan global dan meraih momentum politik untuk mencapai tujuan Zero Hunger pada 2030.

Pertemuan tersebut menghasilkan Matera Ministerial Declaration yang disepakati oleh para Menteri untuk semakin menguatkan komitmen G20 untuk berkolaborasi dengan negara-negara berkembang dalam rangka menciptakan sistem pangan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Investor Bereaksi pada Penurunan Imbal Hasil Obligasi AS, Harga Emas Berjangka Naik

Mewakili Indonesia, Menteri Suharso menekankan pentingnya komitmen dan fokus untuk mendukung pihak yang paling terkena dampak kerawanan pangan dengan memberdayakan aktor-aktor kunci transformatif.

"Masyarakat miskin dan rentan harus tetap menjadi fokus kami. Kelaparan dan kekurangan gizi mempengaruhi mereka yang paling miskin. Kita juga harus memperkuat mata pencaharian petani kecil dan nelayan yang sangat penting untuk pasokan pangan yang berkelanjutan," ungkap Menteri Suharso.

Dia turut menggarisbawahi peran masyarakat internasional untuk secara eksponensial meningkatkan upaya untuk mengakhiri kelaparan, menunjuk G20 sebagai katalis untuk kemajuan.

Baca Juga: PPKM Darurat Diberlakukan, Pemkab Blora Gelar Rakor Sekaligus Meminta Masukan

"Menggandakan upaya kita pun sebetulnya tidak cukup karena harus ditingkatkan secara eksponensial. G20 harus berfungsi sebagai katalis untuk kemajuan dan memimpin dengan langkah-langkah yang cepat dan efektif,” tegas Menteri Suharso.

Dalam G20 Development Ministerial Meeting kali pertama tersebut, para Menteri menyampaikan pesan politik dalam sebuah Communique, mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di negara berkembang melalui pembiayaan, implementasi kearifan lokal, dan pengembangan wilayah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Covid-19 Korea Selatan Tembus Angka 3.000

Sabtu, 25 September 2021 | 15:47 WIB
X