Batalkan Pelonggaran Pembatasan Sosial, Angka Kasus Covid-19 di Korea Selatan Capai 800, Tertinggi Sejak Janua

Red
- Jumat, 2 Juli 2021 | 10:47 WIB
Lockdown Korea/Foto Reuters
Lockdown Korea/Foto Reuters

SEOUL, suaramerdeka.com - Kasus virus Corona di Korea Selatan, pada Kamis (1/7) tercatat mencapai angka 800, tertinggi sejak 7 Januari. Munculnya klaster baru dan penyebaran varian delta menjadi penyebabnya.

Mulai Juli ini, sebenarnya pemerintah Korsel melonggarkan pembatasan sosial, mengingat angka kasus harian mencapai sekitar 500 selama beberapa bulan setelah upaya vaksinasi dipercepat.

Namun, hanya beberapa hari sebelum pembatasan sosial diberlakukan, angka kasus harian mencapai hampir 600 dan tembus 800 pada minggu ini. Hal ini karena wabah baru di ibu kota Seoul dan daerah sekitarnya, mendorong pihak berwenang di sana untuk menunda pelonggaran selama seminggu.

Baca Juga: Survei Travelport: 67 Persen Konsumen Masih Tunjukkan Kepercayaan pada Industri Travel, Ini 3 Faktor Utamanya

"Lebih dari 80 persen kasus baru datang dari wilayah metropolitan Seoul selama tiga hari berturut-turut karena infeksi klaster dari restoran dan lembaga pendidikan swasta," kata Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Jeon Hae-cheol, seperti dikutip dari Antara.

"Kami sangat khawatir virus akan menyebar lebih jauh karena ada tanda-tanda jelas peningkatan aktivitas di luar di antara orang-orang, dan peningkatan jumlah kasus varian Delta yang sangat menular."

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X