Mulai 7 September 2021, El Savador Legalkan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran Sah

- Jumat, 25 Juni 2021 | 11:31 WIB
Bitcoin. (suaramerdeka.com / dok)
Bitcoin. (suaramerdeka.com / dok)

EL SAVADOR, suaramerdeka.com - Mata uang krpto Bitcoin akan dijadikan alat pembayaran yang sah di El Salvador, negara bagian Amerika Tengah.

Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengatakan undang-undang yang baru-baru ini disahkan membuat tender legal bitcoin akan berlaku pada 7 September 2021 mendatang.

Sebelumnya pada 9 Juni 2021, Kongres El Salvador, seperti dikutip dari US News telah menyetujui proposal Presiden Bukele untuk merangkul mata uang kripto.

Keputusan itu menjadikan El Salvador negara pertama di dunia yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Baca Juga: Semarang Zoo Siap Berlakukan Tiket Presale dengan Harga Terjangkau

"Penggunaan bitcoin akan opsional, tidak ada yang akan menerima bitcoin jika mereka tidak menginginkannya... Jika seseorang menerima pembayaran dalam bitcoin, mereka dapat memilih untuk menerimanya secara otomatis dalam dolar," kata Bukele, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari US News , Jumat, 25 Juni 2021.

Dia mengatakan gaji dan uang pensiunan akan terus dibayarkan dalam dolar AS. Bukele tidak merinci apakah itu termasuk gaji yang dibayarkan kepada pegawai negeri dan pegawai sektor swasta.

Sebelumnya, Athena Bitcoin mengatakan berencana untuk menginvestasikan lebih dari 1 juta dolar AS untuk memasang sekitar 1.500 ATM mata uang kripto di El Salvador, terutama di mana penduduk menerima pengiriman uang dari luar negeri.

Baca Juga: Komisi DPR IV Minta KLHK dan BRGM Lakukan Percepatan Program dan Anggaran Tahun 2021

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X