KTT Y20 2021, Puteri Anetta Perjuangan Kepentingan Pemuda Indonesia

- Kamis, 24 Juni 2021 | 09:00 WIB
Puteri Anetta Komaruddin. (suaramerdeka.com / dok)
Puteri Anetta Komaruddin. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Delegasi Indonesia untuk Youth 20 Summit (Y20) 2021, Puteri Anetta Komarudin memperjuangkan isu inklusi keuangan, politik, dan pendidikan bagi pemuda dalam rangka mewujudkan pembangunan yang inklusif.

Perlu diketahui, agenda pembangunan yang inklusif menjadi salah satu fokus pembahasan dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemuda G20 atau Youth 20 Summit (Y20) tahun 2021.

“Salah satu fokus delegasi Indonesia dalam forum ini adalah untuk mengarusutamakan isu-isu inklusivitas pada dimensi keuangan, politik dan pendidikan digital bagi pemuda, baik nasional maupun sesama negara anggota G20,” kata Puteri dalam rilisnya.

Baca Juga: Dolar Berakhir Lebih Tinggi di Akhir Perdagangan Menyusul Perdebatan Fed soal Inflasi

 “Kita perlu memastikan kesetaraan akses bagi pemuda dalam proses pencalonan diri pada pemilu, mendapatkan skema pembiayaan yang aman, maupun pendidikan digital yang berkualitas,” kata Anggota BKSAP DPR RI itu.

Lebih lanjut, sebagai bagian rangkaian proses negosiasi pre-Summit, Puteri menjelaskan isu-isu prioritas dari delegasi Indonesia untuk dimuat dalam kesepakatan akhir.

“Dalam hal inklusi pemuda di politik, kami mendesak pemerintah negara anggota G20 mulai mengarusutamakan perwakilan pemuda di dunia politik, terutama melalui suatu kuota pemuda tertentu, baik di parlemen maupun keanggotaan partai.”

Dikatakan, hal ini termasuk memberikan dukungan fiskal untuk berkampanye serta menjalin kerjasama dengan organisasi masyarakat yang fokus di kepemudaan.

Baca Juga: Inmendagri soal Pengetatan PPKM Mikro Dikeluarkan, Ini Penjelasannya

"Hal Ini karena kandidat dari kalangan pemuda masih kerap dikesampingkan dalam kontestasi politik dan membutuhkan dukungan lebih dari pemerintah,” ungkap politisi Fraksi Partai Golkar itu dalam paparannya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB

Dihantam Gelombang 4 Covid-19, Austria Lockdown Total

Senin, 22 November 2021 | 16:15 WIB

Hari Pohon Sedunia, Menghormati Jasa J Sterling Morton

Minggu, 21 November 2021 | 13:05 WIB
X