Mulai 28 Juni, Warga Italia Bebas Lepas Masker

Red
- Rabu, 23 Juni 2021 | 16:13 WIB
Masker sekali pakai/Foto: Istimewa
Masker sekali pakai/Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah Italia mengeluarkan kebijakan melepas masker bagi warganya mulai 28 Juni mendatang. Hal ini menyusul menurunnya angka kasus baru dan pasien rawat inap Covid-19 di negara tersebut.

Sebelumnya, Oktober tahun lalu, diberlakukan kebijakan penggunaan masker baik di dalam maupun di luar ruang publi. Saat itu, Italia memasuki gelombang kedua infeksi dan pihak berwenang berjuang untuk menekan lonjakan kasus nasional.

“Pada 28 Juni nanti, kita akan meninggalkan keharusan mengenakan masker di luar ruang saat berada di zona putih,” kata Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza lewat akun Facebook-nya, seperti dikutip dari Aljazeera pada Rabu (23/6).

Baca Juga: Lupakan Euforia MotoGP Jerman, Marquez Alihkan Fokus ke Sirkuit Assen Belanda

Zona putih di Italia merupakan wilayah dengan jumlah kasus aktif Covid-19 dan tingkat keterisian rumah sakit yang rendah.

Namun demikian, masyarakat masih diwajibkan memakai masker saat berada di dalam ruangan dan transportasi umum. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tetap membawa masker saat keluar rumah dan siap memakainya di luar ruangan jika ada keramaian, dan untuk acara dengan risiko penularan virus yang lebih tinggi, seperti pertemuan besar.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi mulai mencabut beberapa pembatasan sosial di negara tersebut, sejak April lalu, seperti dikutip dari Kata Data . Restoran, bar, bioskop, dan pusat kebugaran diizinkan beroperasi kembali. Warga pun dibebaskan untuk melakukan perjalanan domestik.

Baca Juga: Bamsoet: Kasus Positif Covid-19 di Bawah 5 Persen, PTM Terbatas Dipertimbangkan dengan Prokes Ketat

Hingga saat ini, 26% warga di Italia telah divaksinasi penuh, yakni menerima dua dosis. Sementara 52% lainnya sudah menerima satu dosis vaksin Covid-19.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X