Delegasi Indonesia untuk G20 Terindikasi Positif COVID-19 di Catania Italia

Red
- Rabu, 23 Juni 2021 | 15:06 WIB
G20 2021 Catania Italia
G20 2021 Catania Italia


JAKARTA, suaramerdeka.com - Salah seorang delegasi Indonesia yang akan menghadiri rangkaian pertemuan Kelompok 20 (G20) di Kota Catania, Italia, terindikasi positif Covid-19.

Semula, dua delegasi Indonesia dari Jakarta diberangkatkan ke Italia untuk menghadiri rangkaian pertemuan G20 pada 22-23 Juni 2021. Masing-masing delegasi Indonesia yang terbang dari Jakarta itu tiba di Catania secara terpisah, dan telah menjalani tes antigen COVID-19 di kota tersebut.

KBRI Roma, melalui keterangan tertulis, Rabu, seperti dikutip dari Antara, menjelaskan berdasarkan hasil tes antigen, salah seorang dari dari delegasi Indonesia terindikasi positif COVID-19, sementara seorang lainnya negatif.

Baca Juga: Ledakan Kasus Covid-19 DKI Jakarta: MUI dan DMI Minta Masyarakat Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur di Rumah

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, telah dilakukan tes molekuler atau tes usap pada Senin (21/6) kepada satu orang delegasi Indonesia yang dimaksud. Hasil tes usap yang diterima pada Senin malam mengonfirmasi bahwa WNI yang bersangkutan positif COVID-19.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, pada Selasa (22/6), pihak Dinas Kesehatan Provinsi (Azienda Sanitaria Provincia/ASP) Catania telah melakukan tes usap terhadap enam delegasi Indonesia yang terdiri atas tiga delegasi asal Jakarta dan tiga delegasi KBRI Roma yang termasuk dalam “kontak dekat” (close contact) dengan kasus positif tersebut. Hasil tes usap dari keenam orang tersebut adalah negatif COVID-19.

Selanjutnya, dokter Italia melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap delegasi Indonesia yang positif COVID-19 tersebut, dan menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi baik dan stabil.

Baca Juga: Tren Pemakaman Secara Prokes di TPU Giriloyo Meningkat, Pemakaman Warga di Luar Kota Magelang Mulai Dibatasi

WNI tersebut diminta tetap melakukan isolasi mandiri (isoman) di hotel tempat tinggal selama 10 hari, dan menjalani tes usap kedua pada hari ke-11 isoman.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB

Dihantam Gelombang 4 Covid-19, Austria Lockdown Total

Senin, 22 November 2021 | 16:15 WIB

Hari Pohon Sedunia, Menghormati Jasa J Sterling Morton

Minggu, 21 November 2021 | 13:05 WIB
X