Perang Uhud, Makna di Balik Kekalahan Muslim (2)

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:34 WIB
KAWASAN UHUD : Di lokasi bekas Perang Uhud dibangun Masjid Uhud dan terdapat makam para sahabat Rasulullah yang gugur dalam perang tersebut. (suaramerdeka.com/Surya Yuli P)
KAWASAN UHUD : Di lokasi bekas Perang Uhud dibangun Masjid Uhud dan terdapat makam para sahabat Rasulullah yang gugur dalam perang tersebut. (suaramerdeka.com/Surya Yuli P)

MADINAH, suaramerdeka.com - Kota Madinah dikelilingi perbukitan batuan cadas. Salah satu yang terkenal adalah Bukit Uhud, yang berada sekitar 3 - 4 km sebelah utara Masjid Nabawi. Kawasan di sekitar bukit tersebut menjadi saksi perang dasyat yang dinamakan Perang Uhud.

Berikut Laporan Wartawan Suara Merdeka, Surya Yuli Purwariyanto, anggota Media Center Haji (MCH) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Posisi kemenangan pasukan muslim berbalik arah dan kocar kacir, akibat serangan balik dadakan itu. Bahkan Rasulullah terluka pada tubuh dan wajahnya terkena hantaman senjata tajam, meskipun telah dilindungi para sahabat yang menjadi perisai hidup.

Baca Juga: Viral! Pernyataan Tegasnya Terkait Kode Etik Polri, Irjen Ferdy Sambo Bak Menjilat Ludah Sendiri

Hamzah, paman Nabi Muhammad saw termasuk salah satu korban yang gugur dalam Perang Uhud, sehingga membuat kesedihan mendalam bagi Rasulullah.

Meski kalah dalam Perang Uhud, namun umat muslim mendapat pengalaman berharga, sehingga ke depan pasukan muslim semakin kokoh memperluas syiar Islam. Sebenarnya Rasulullah bisa saja meminta kepada Allah Swt melaknat musuhnya dalam perang itu.

Namun tidak dilakukannya, karena sadar musuhnya itu kelak akan menjadi kekuatan tambahan yang mendukung pasukan Nabi Muhammad. Benar, beberapa tahun kemudian para panglima dari kaum Quraisy, yang juga merupakan suku Nabi Muhammad itu, bergabung dengan pasukan muslim.

Baca Juga: Pesulap Merah Sebut jadi Pawang Hujan Gampang di Zaman Sekarang, Modalnya Cuma Ini

''Perang ini kan di awal tahun penyebaran Islam setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu sebagian besar musuh masuk Islam dan bergabung dengan Rasulullah menyebarkan Islam,'' kata Nur Hasan, seorang mukimin (WNI yang bermukim di Arab Saudi).

Di bekas lokasi yang menjadi tempat Perang Uhud tersebut, kini dibangun Masjid Uhud dan berbagai fasilitas pendukungnya. Terdapat pula makam para pejuang Perang Uhud yang gugur termasuk Hamzah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perang Dunia Semakin Menguat, Ini Kata Pakar Militer

Senin, 26 September 2022 | 14:35 WIB
X