Barrier Kabah Dicabut, Hajar Aswad Sudah Bisa Disentuh Lagi Bahkan Dicium

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:55 WIB
Hajar Aswad (Foto haramainsharifain)
Hajar Aswad (Foto haramainsharifain)

MAKKAH, suaramerdeka.com - Perasaan gembira dan tumpahan air mata dari para jemaah benar-benar lebih membuncah dalam menyambut pencabutan barrier di sekeliling Kabah yang sudah berjalan 2 tahun lebih gegara pandemi Covid-19.

Jemaah sudah bisa menyentuh langsung bahkan mencium lagi Hajar Aswad dan juga Hijir Ismail yang selama ini dilindungi dengan penghalang sehingga benar-benar tak bisa mendekat.

Mulai Selasa (2/8/2022) malam, kebijakan pencabutan penghalang di sekeliling Kabah dikeluarkan. Adalah Presiden Haramain, Abdul Rachman Sudais yang menginstruksikannya.

Baca Juga: Ada Simbol Ular dan Kuda Laut di Sekuel Pengabdi Setan 2: Communion, Apa Maknanya?

"Presiden Sheikh Al Sudais telah mengarahkan penghalang di sekeliling Kabah ditanggalkan sekaligus pemulihan akses bagi jemaah," bunyi pengumumannya seperti dikutip dari akun sosial media, haramain sharifain.

Kebijakan tersebut sudah pula diketahui Penjaga Dua Kota Suci, Raja Salman. Pasalnya, Sheikh Sudais pun dilaporkan mengucapkan selamat dan terima kasih atas langkah tersebut kepada Raja Arab Saudi itu.

Dengan normalisasi itu, tak pelak, langsung direspon penuh syukur kegembiraan para jemaah yang pada saat itu tengah beraktivitas di Masjidil Haram.

Baca Juga: Teror 'Ibu' Menghantui 7 Pendatang Baru Pengabdi Setan 2: Communion, Siapa Saja Mereka?

Areal mataf yang merupakan pusat aktivitas di masjid dengan pahala 100 ribu kali itu terpantau langsung dipenuhi jemaah.

Mereka di antaranya jemaah umrah yang mulai dibuka pelayanannya menyusul tuntasnya musim haji pada awal Tahun Baru Muharram 1444 H.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perang Dunia Semakin Menguat, Ini Kata Pakar Militer

Senin, 26 September 2022 | 14:35 WIB
X