Sambut Muharram, Kiswah Penutup Kakbah Diganti

- Minggu, 31 Juli 2022 | 18:05 WIB
Pekerja dan teknisi merapikan kiswah baru yang penutup Kakbah Masjidil Haram, setelah proses penggantian, agar terpasang sempurna. (suaramerdeka.com/dok)
Pekerja dan teknisi merapikan kiswah baru yang penutup Kakbah Masjidil Haram, setelah proses penggantian, agar terpasang sempurna. (suaramerdeka.com/dok)

MAKKAH, suaramerdeka.com - Momen menarik dan langka terjadi pada Jumat (29/7) malam waktu Arab Saudi, atau malam menjelang 1 Muharam 1444 Hijriah (tahun baru Islam).

Jamaah yang sedang beribadah atau tawaf di Masjidil Haram mendapat kesempatan menyaksikan penggantian kiswah atau kain penutup Kakbah.

Wartawan Suara Merdeka, Surya Yuli Purwariyanto, anggota Media Center Haji (MCH) PPIH Arab Saudi melaporkan, proses penggantian kiswah berlangsung sekitar sejam setelah shalat Isya.

Sejumlah pekerja menaiki tangga hidrolik membuka satu per satu kain bertuliskan kaligrafi ayat Al Quran yang menghias kiswah di empat sisi Kakbah.

Baca Juga: Inilah Kesalahan Tentang Mitos Menyantap Cokelat, Padahal Baik untuk Tubuh

Sejumlah pekerja lainnya berseragam gamis putih dengan rompi hitam berada di atas Kakbah, untuk melepas kain sutera hitam yang menutup Kakbah.

Para pekerja juga menggunakan peralatan hidrolik dari sisi Kakbah untuk mempercepat proses melepas dan mengganti kiswah.

Kegiatan penggantian kiswah tersebut menjadi tontonan jamaah yang sedang bertawaf berkeliling Kakbah dan jamaah yang berada di lantai 2 atau 3 Masjidil Haram.

Ada juga yang menyaksikan sambil duduk atau berdiri di luar area tawaf.

Baca Juga: Dana Masyarakat Banyak yang Tertahan, Kominfo Buka Sementara Paypal Selama 5 Hari

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perang Dunia Semakin Menguat, Ini Kata Pakar Militer

Senin, 26 September 2022 | 14:35 WIB
X