Bos WHO Ungkap Alasan Mengapa Pandemi belum Berakhir Hingga Saat Ini

- Selasa, 14 Juni 2022 | 13:31 WIB
Ini alasan WHO soal pandemi yang belum berakhir. (foto: int.who)
Ini alasan WHO soal pandemi yang belum berakhir. (foto: int.who)

suaramerdeka.com - Kapan pandemi Covid-19 berakhir? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan kepada warga kendati banyaknya negara yang sudah melonggarkan prokes di wilayahnya.

Dilansir dari UN News, Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kepada menteri kesehatan bahwa kendati kasus dan kematian Covid-19 sudah menurun secara signifikan, bukan berarti pandemi telah berakhir.

Pernyataan tersebut disampaikan Tedros di acara pembukaan Majelis Kesehaitan Dunia tahunan badan pembuat WHO yang diikuti oleh 194 negara.

Baca Juga: Ada 6 Zodiak yang Bakal Happy di 7 Hari ke Depan Bulan Juni 2022 Ini, Dilanda Banjir Rezeki

"Jadi, apakah Covid-19 sudah berakhir? Tidak, ini pasti belum berakhir. Saya tahu ini bukan pesan yang ingin Anda dengar, dan itu jelas bukan pesan yang ingin saya sampaikan," kata Tedros.

Bos WHO tersebut juga menambahkan bahwa kendati kondisi pandemi di beberapa negara sudah tampak seperti sebelum Covid-19, nyatanya terdapat laporan kasus Covid-19 meningkat di hampir 70 negara di dunia.

Laporan kasus kematian Covid-19 terbanyak ada di Afrika, sebab masih minimnya vaksin di negara tersebut.

Baca Juga: Duh Senangnya 7 Zodiak Ini, Bakal Basah Kuyub Hujan Keberuntungan, 14 Juni 2022

"Virus ini telah mengejutkan kami dalam banyak hal - badai yang telah melanda masyarakat berulang kali, dan kami masih tidak dapat memprediksi jalurnya, atau intensitasnya," ungkap Tedros.

Meski tidak bisa memprediksi kapan Covid berakhir, dia menegaskan bahwa ada kemajuan signifikan terkait vaksin Covid. Saat ini, sekitar 60 persen populasi dunia sudah divaksinasi, meskipun Tedros mengingatkan bahwa hampir satu miliar orang di negara-negara berpenghasilan rendah tetap belum divaksinasi.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perang Uhud, Makna di Balik Kekalahan Muslim (2)

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:34 WIB

Perang Uhud, Makna di Balik Kekalahan Muslim (1)

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:03 WIB

Sambut Muharram, Kiswah Penutup Kakbah Diganti

Minggu, 31 Juli 2022 | 18:05 WIB
X