WHO: Laju Penularan Covid-19 Lebih Cepat dari Vaksinasi

Red
- Selasa, 15 Juni 2021 | 19:17 WIB
Kematian akibat Covid-19 di India/Foto Pikiran-Rakyat
Kematian akibat Covid-19 di India/Foto Pikiran-Rakyat

JAKARTA, suaramerdeka.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan terkait laju penyebaran Covid-19 yang faktanya lebih cepat dibandingkan upaya vaksinasi. Hal ini setelah melihat tingkat penularan dengan varian baru Alpha yang muncul di inggris (B.117) dan Delta, yang muncul di India (B.1617.2).

Direktur Jemderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers, Selasa (15/6), seperti dikutip dari CNBC, mengungkapkan, "Risiko meningkat bagi orang-orang yang tidak dilindungi, yang merupakan sebagian besar populasi dunia."

Namun, terjadi tren penurunan jumlah kasus baru secara global. Kasus baru turun selama tujuh minggu berturut-turut, terpanjang sejak pandemi dimulai.

Baca Juga: RSUP dr Kariadi Akan Tambah Kapasitas Ruang Isolasi

“Sementara kasus mingguan berada pada level terendah sejak Februari, kematian tidak turun secepat itu. Penurunan global menutupi peningkatan yang mengkhawatirkan dalam kasus dan kematian di banyak negara,” kata dia, seperti dikutip dari Kata Data.

Lebih dari 3,8 juta orang telah meninggal karena Covid di seluruh dunia sejak awal pandemi. Negara-negara di Afrika mengalami tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan belahan dunia lainnya.

Tingkat kematian yang lebih tinggi sangat memprihatinkan karena negara-negara Afrika telah melaporkan lebih sedikit kasus daripada kebanyakan wilayah lain.

Baca Juga: Pemkot Semarang Buka 4 Gedung Karantina Tambahan, Pasien Covid-19 Capai 1.347 Orang

Kenaikan kasus saat ini terjadi di Asia Tenggara Malaysia bahkan memperpanjang lockdown nasional karena belum ada tren penurunan kasus.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiongkok Tolak Politisasi Penelitian Covid-19

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:35 WIB
X