Korea Selatan Siap Beri Bantuan Vaksin Covid-19 untuk Korea Utara

Red
- Selasa, 15 Juni 2021 | 09:12 WIB
vaksin covid-19. (suaramerdeka.com / dok)
vaksin covid-19. (suaramerdeka.com / dok)

WINA, suaramerdeka.comKorea Selatan diklaim siap memberi bantuan vaksin Covid-19 kepada Korea Utara, jika mereka bersedia menerimanya.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in Senin (14/6) dalam konferensi pers bersama rekannya dari Austria Kanselir Alexander Van der Bellen setelah pertemuan puncak di Wina, Senin.

Korea Selatan, disebut Moon, saat menjadi pusat regional untuk produksi vaksin Covid-19. Bahkan, Amerika Serikat juga secara aktif akan mendukung bantuan itu.

Baca Juga: Kapolres Banyumas Perintahkan Kapolsek Lacak Keberadaan Warga Kudus

Korea Utara pasti akan menjadi salah satu negara untuk kerja sama (vaksin). Jika Korea Utara sepakat, kami akan secara aktif melanjutkan bantuan vaksin ke Korea Utara. Pemerintah AS juga secara aktif mendukung bantuan kemanusiaan ke Korea Utara."

Presiden AS Joe Biden sempat mengatakan, tetap sangat prihatin dengan situasi di Korea Utara. Biden mengatakan akan mengirim utusan khusus baru ke Korea Utara untuk membantu memperbarui hubungan.

“Mengirim pesan kuat bahwa Biden menginginkan pembicaraan dengan Korea Utara. Kita berharap Korea Utara menanggapi ini,” kata Moon.

Menurut kantor berita Associated Press, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pidatonya baru-baru ini mengatakan kombinasi Covid-19, sanksi ekonomi, dan bencana alam membuat negara itu menghadapi salah satu situasi terburuk.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiongkok Tolak Politisasi Penelitian Covid-19

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:35 WIB
X