Waspada! Virus Monkeypox atau Cacar Monyet Menyebar di Eropa dan Amerika

- Jumat, 20 Mei 2022 | 10:12 WIB
Ilustrasi cacar monyet (Pixabay)
Ilustrasi cacar monyet (Pixabay)

LONDON, suaramerdeka.com - Belum selesai dengan virus Covid-19, hepatitis akut, dan wabah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kini masyarakat perlu waspada atas munculnya dua virus baru.

Pertama Virus Hendra yang muncul di Australia dan Kedua Virus Mobkeyponx atau cacar monyet yang semakin menyebar di Eropa dan Amerika.

Otoritas kesehatan di Amerika Utara dan Eropa mendeteksi puluhan kasus yang diduga atau terkonfirmasi cacar monyet sejak awal Mei lalu.

Temuan puluhan kasus cacar monyet tersebut memicu kekhawatiran penyebaran penyakit endemik di beberapa bagian Afrika tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 20 Mei 2022: Sikap Elsa Buat Andin Makin Tertekan, Mama Rosa Pasang Badan

Baca Juga: Virus Monepox Menyebar di Eropa dan Amerika, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Mengutip Channel News Asia, Kanada menjadi negara terbaru yang melaporkan sedang menyelidiki lebih dari selusin kasus yang diduga cacar monyet.

Sebelumnya Spanyol dan Portugal mendeteksi lebih dari 40 kasus yang mungkin dan terverifikasi.

Inggris mengonfirmasi sembilan kasus sejak 6 Mei. Amerika Serikat memverifikasi yang pertama pada Rabu 18 Mei dengan mengatakan, seorang pria di Negara Bagian Massachusetts positif terkena virus monkeypox setelah mengunjungi Kanada.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Selasa 17 Mei 2022 lalu, sedang berkoordinasi dengan pejabat kesehatan Inggris dan Eropa mengenai wabah baru tersebut.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganja Sudah Legal di Thailand, Warga Mulai Antri

Jumat, 10 Juni 2022 | 12:32 WIB
X