Biden Pastikan Tak Hadir di G20 Indonesia Jika ada Rusia

- Jumat, 8 April 2022 | 10:39 WIB
janet_yellen/instagram.com
janet_yellen/instagram.com

SUARAMERDEKA.COM - Janet Yellen mengatakan kekejaman Rusia merupakan penghinaan terhadap tatanan global yang akan memiliki dampak ekonomi yang luas.

Dikutip dari aljazeera pada Jumat (8/4/2022) Menteri Keuangan AS Janet Yellen telah memperingatkan bahwa agresi Rusia di Eropa Timur akan memiliki "dampak ekonomi yang sangat besar di Ukraina dan sekitarnya," dan Presiden Joe Biden ingin Rusia dikeluarkan dari forum ekonomi utama Kelompok 20.

Komentarnya pada sidang Komite Jasa Keuangan DPR AS pada hari Rabu menimbulkan pertanyaan tentang masa depan G20, yang telah menjadi forum ekonomi dan kebijakan global utama sejak krisis keuangan 2008-2009.

Baca Juga: Berkah Limpahan Rahmat, Ini 3 Waktu Terbaik untuk Berdoa di Bulan Ramadhan

“Presiden Biden menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa itu tidak bisa menjadi bisnis seperti biasa bagi Rusia di lembaga keuangan mana pun,” kata Yellen.

“Dia meminta agar Rusia dikeluarkan dari G20, dan saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana,” kata Yellen.

Para menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral dijadwalkan bertemu secara langsung dan virtual di Washington akhir bulan ini di sela-sela pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.

Baca Juga: Enam Weton Ini Kata Primbon Jawa Cocok Jadi Jodoh Jumat Wage, Siapa Aja?

Tahun ini, Indonesia memegang kursi kepresidenan G20 dan menjadi tuan rumah pertemuan keuangan pada bulan Juli dan pertemuan puncak para pemimpin pada bulan November.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rusia Nyatakan Resesi, Seperti Ini Kondisinya

Kamis, 17 November 2022 | 15:03 WIB
X