Vladimir Putin Balas Sanksi Ekonomi Eropa, dengan Mewajibkan Membeli Gas Rusia Menggunakan Rubel

- Sabtu, 2 April 2022 | 13:10 WIB
Vladimir Putin balas sanksi ekonomi eropa dengan mewajibkan membeli gas Rusia menggunakan Rubel. (foto: pixabay.com)
Vladimir Putin balas sanksi ekonomi eropa dengan mewajibkan membeli gas Rusia menggunakan Rubel. (foto: pixabay.com)

RUSIA, suaramerdeka.com - Presiden Vladimir Putin mengharuskan negara-negara asing khususnya Eropa untuk membeli gas milik Moskow menggunakan mata uang Rubel dan membuka rekening di Rusia, hal ini berlaku sejak 1 April 2022.

“Harus membuka rekening Rubel di bank Rusia. Dari rekening inilah pembayaran akan dilakukan untuk pengiriman gas mulai besok (1 April),” ujar Vladimir Putin seperti dilansir dari Reuters, Jumat, 1 April 2022.

Vladimir Putin menegaskan, bila pembeli asing tidak membayar dengan mata Rubel dalam transaksi maka konsekuensinya adalah kontrak atau kerja sama dihentikan.

Baca Juga: Setelah Membagikan Poster Comeback, YG Entertainment Bagikan Spoiler Potongan Lirik Lagu Bigbang

“Jika pembayaran tersebut tidak dilakukan, kami akan menganggap ini sebagai default dari pihak pembeli, dengan semua konsekuensi berikutnya. Tidak ada yang kami jual apa pun secara gratis, dan kami juga tidak akan melakukan amal, sehingga kontrak akan dihentikan,” kata Putin.

Kebijakan Putin yang baru ini, turut memberikan tren positif terhadap kenaikan nilai mata uang Rubel.

Sebelumnya, nilai mata uang Rusia sempat menyentuh titik terendahnya pada tanggal 24 Februari 2022 yang lalu, ketika Rusia meluncurkan serangan ke Ukraina.

Baca Juga: ITB Semarang Beri Dukungan Pemerataan Kiprah Perguruan Tinggi

Sementara itu, perusahaan dan pemerintah Barat menolak kebijakan baru dari Rusia yakni mengubah mengubah mata uang untuk pasokan gas ke Eropa.

Pasalnya sebagian besar negara-negara Eropa menggunakan mata uang Euro dalam bertransaksi, sehingga hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk melakukan negosiasi ulang terkait perubahan persyaratan yang diajukan Rusia.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X