Dampak Krisis Rusia-Ukraina, Negara Harus Persiapkan Strategi Terbaik Hadapi Risiko Terburuk

- Jumat, 18 Maret 2022 | 13:15 WIB
Ilustrasi tentara Rusia. (Pixabay)
Ilustrasi tentara Rusia. (Pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Konflik Ukraina-Rusia menuntut setiap negara mempersiapkan strategi terbaik untuk menghadapi risiko terburuk agar mampu menghadapi dampak krisis tersebut.

Indonesia harus memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki untuk menjawab tantangan dari konflik Ukraina-Rusia.

"Semua pendekatan untuk menghadapi dampak krisis akibat konflik kedua negara itu harus dilakukan untuk mengantisipasi risiko dari krisis di Ukraina-Rusia," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Mengantisipasi Ancaman Terhadap Ekonomi Nasional Di Balik Krisis Ukraina-Rusia yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, baru-baru ini.

Di fase awal invasi Rusia ke Ukraina, menurut Lestari, tidak bisa dihindari lagi sejumlah gangguan pada keseimbangan pasokan energi, gangguan rantai pasokan komoditas dan perlambatan ekonomi.

Baca Juga: 2 Dosa Ini Tak Diampuni di Malam Nisfu Syaban, Apa Saja? Berikut Penjelasannya

Duta Besar RI untuk Polandia Periode 2014 – 2019, Peter F. Gontha berpendapat secara geografis Rusia memiliki perbatasan darat dengan banyak negara.

Peter sangat berharap pemerintah dapat menyikapi dampak krisis Rusia-Ukraina dengan kebijakan yang tepat, sehingga perdagangan sektor energi dan komoditas nasional dapat sepenuhnya bermanfaat bagi negara dan masyarakat luas.

CEO SAIAC untuk Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah dan Amerika, Shaanti Shamdasani berpendapat dampak krisis Rusia-Ukraina di sejumlah sektor harus mampu dimanfaatkan oleh negara-negara ASEAN untuk mengisi gap komoditas yang terjadi.

Shaanti menyatakan Indonesia harus segera melakukan penyesuaian dalam perjanjian perdagangan dengan sejumlah negara untuk merespon berbagai perubahan akibat konflik Rusia-Ukraina.

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban: Begini Tata Cara Pelaksanaan Sholat dan Doa Khusus yang Dibacakan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganja Sudah Legal di Thailand, Warga Mulai Antri

Jumat, 10 Juni 2022 | 12:32 WIB
X