Vladimir Putin Bantah Rusia Kirim Satelit Canggih ke Iran

- Minggu, 13 Juni 2021 | 09:06 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AP) (Nugroho Wahyu Utomo)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AP) (Nugroho Wahyu Utomo)

RUSIA, suaramerdeka.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin membantah Rusia mengirimkan satelit canggih ke Iran.

Bahkan Putin menyebut bahwa laporan itu cuma omongan sampah.

"Itu hanya berita palsu. Paling tidak, saya tidak tahu apa-apa tentang hal semacam ini, mereka yang membicarakannya mungkin akan tahu lebih banyak tentang itu. Itu hanya omong kosong, sampah," kata Putin, seperti yang dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, Minggu, 13 Juni 2021.

Baca Juga: Benjamin Netanyahu Khawatir dengan Masa Depan Israel

Sebelumnya, media Amerika Serikat, Washington Post mengabarkan, bahwa Rusia telah mengirimkan satelit canggih ke Iran dengan tujuan melacak target militer musuh di Timur Tengah.

Satelit Kanopus-V itu menurut Washington Post telah dilengkapi kamera resolusi tinggi yang dapat diluncurkan dari Rusia dalam kurun waktu beberapa bulan.

Bahkan media tersebut juga menyebut, bahwa Kanopus-V akan memungkinkan 'pemantauan terus menerus' terhadap fasilitas mulai dari kilang minyak Teluk Persia dan pangkalan militer Israel hingga barak Irak yang menampung pasukan AS.

Baca Juga: Calon Jamaah Haji Malaysia Batal Berangkat Haji 2021

Disebutkannya lagi, Satelit Kanopus-V dipasarkan untuk penggunaan sipil, para pemimpin Korps Pengawal Revolusi Islam Iran telah melakukan beberapa perjalanan ke Rusia sejak 2018 untuk membantu merundingkan perjanjian tersebut.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat! Putri Bill Gates Resmi Menikah Secara Islam

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:09 WIB
X