India Nyatakan Berhubungan Seks dengan Istri di Bawah Umur adalah Perkosaan

VOA
- Kamis, 12 Oktober 2017 | 06:29 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

NEW DELHI, suaramerdeka.com - Mahkmah Agung India pada Rabu (11/10) memutuskan bahwa seorang pria dianggap melakukan perkosaan jika ia berhubungan seks dengan istrinya yang berusia di bawah 18 tahun.

Keputusan besar ini mengubah pengecualian pada undang-undang sebelumnya yang tidak mengkriminalkan hubungan seks dengan orang di bawah umur seandainya mereka menikah.Mahkamah Agung tidak mengatur mengenai perkosaan dalam perkawinan, yang di India tidak dianggap ilegal.

Meskipun pernikahan anak di bawah umur dianggap ilegal di India, LSM Independent Thought mengajukan petisi ke pengadilan tertinggi itu untuk mengeluarkan peraturan terkait pengantin anak.

LSM itu mengatakan, New Delhi harus menghadapi realitas itu karena telah menyebar luas di berbagai penjuru negara tersebut.

Komisi Nasional Perlindungan hak Anak dan organisasi amal Young Lives melaporkan, lebih dari seperempat perempuan di India yang berusia antara 20 dan 24 tahun telah dinikahkan sebelum mencapai usia 18 tahun.

Menurut Laporan tersebut, perkawinan di bawah umur sedikit menurun di wilayah-wilayah pedesaan, namun meningkat di wilayah-wilayah perkotaan. 

Editor: Rosikhan

Terkini

Presiden Serbia: Djokovic dapat Informasi Menyesatkan

Senin, 17 Januari 2022 | 18:18 WIB

Kazakhstan Bergejolak, Dipicu Kenaikan Bahan Bakar

Sabtu, 8 Januari 2022 | 17:32 WIB
X