Korban Tewas Akibat Topan Batsirai di Madagaskar Bertambah jadi 20 Orang

- Selasa, 8 Februari 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi angin topan. (Foto. Pixabay)
Ilustrasi angin topan. (Foto. Pixabay)

MADAGASKAR, suaramerdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Risiko dan Bencana Madagaskar menyatakan, korban jiwa dalam badai Topan Batsirai menghantam pantai timur Madagaskar kembali bertambah.

Dilansir laman Aljazeera, per Selasa, 6 Februari 2022, sedikitnya 20 orang meninggal dunia dan lebih dari 55.000 lainnya mengungsi akibat topan tersebut.

Badai topan yang dianggap sebagai yang terbesar kedua di Afrika pada tahun 2022 tersebut, menyebabkan sekitar 3.000 tempat tinggal hancur.

Baca Juga: Sudah Dibuka, Ini Cara Mengisi PSDS SPAN UM PTKIN

Badai yang diikuti oleh hujan deras ini juga dilaporkan membuat 5.700 bangunan terendam banjir dengan ketinggian air yang bervariasi.

Para pejabat di Madagaskar saat ini sedang bekerja untuk menangani kerusakan yang disebabkan oleh Batsirai.

Presiden Andry Rajoelina pergi ke kota Mananjary Senin untuk melihat kehancuran badai dan upaya bantuan.

“Hal pertama yang dilakukan pemerintah adalah melihat bagaimana memperbaiki dan merehabilitasi gedung administrasi, serta memprioritaskan pusat kesehatan dan rumah sakit. Banyak gedung administrasi yang hancur total di wilayah ini, dan khususnya di Mananjary,” Jenderal Elack Andriankaja, direktur jenderal Badan Nasional Penanggulangan Risiko dan Bencana.

Baca Juga: Ramalan Primbon Jawa; 5 Weton Ini Diramalkan Terlahir Jadi Orang Kaya, Wetonmu Masuk di Sini?

Topan menghancurkan sebagian jalan utama yang menghubungkan utara dan selatan pulau, “yang akan mempersulit akses dan bantuan ke desa-desa, termasuk di daerah yang dilanda kekeringan,” Jean Benoit Manhes, perwakilan dari badan anak-anak PBB UNICEF di Madagaskar, kepada kantor berita AFP.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Obesitas Siswa, SMA di Meksiko Terapkan Cara Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 20:54 WIB

Memanas, AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata China

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:36 WIB
X