Imbas Letusan Gunung Berapi Bawah Laut, Tonga Dihantam Tsunami

- Minggu, 16 Januari 2022 | 12:56 WIB
Imbas Letusan Gunung Berapi Bawah Laut, Tonga Dihantam Tsunami.  / Instagram @redgeochile /
Imbas Letusan Gunung Berapi Bawah Laut, Tonga Dihantam Tsunami. / Instagram @redgeochile /

suaramerdeka.com - Gunung berapi bernama Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang hanya berada 65 kilometer di utara Ibukota Kerajaan Tonga, Nuku’alofa di samudera Pasifik meletus.

Akibatnya, pesisir pantai Tonga, Kerajaan Tonga, tersapu oleh gelombang setinggi 1,2 meter. Air pasang bahkan hingga menerjang area pusat Ibukota Nuku'alofa.

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada Sabtu, 15 Januari 2022 terjadi hanya beberapa jam setelah peringatan tsunami pada Jumat silam dicabut.

Baca Juga: Chord Kunci Gitar Ojo Nangis - Ndarboy Genk dan Denny Caknan, Jombol Jangan Menyerah

Bahkan akibat sapuan gelombang tsunami tersebut, Tupou VI, Raja Tonga terpaksa harus dievakuasi dari istana ke tempat yang lebih aman.

Untung saja, pemerintah setempat telah memberikan peringatan dini tsunami kepada masyarakat sehingga evakuasi bisa dilakukan dengan maksimal.

Gelombang pasang tsunami yang menerjang Tonga bahkan dilaporkan juga menghantam pesisir Jepang, Selandia Baru, Australia, hingga sebagian Amerika Serikat.

Baca Juga: Parodi Video Klip 'Yang Terdalam', Tetapi Gunakan Lirik Lagu 'Lebih Baik Sakit Gigi', Netizen: Lupa Lirik Asli

Tak ada banyak kerusakan yang dilaporkan karena memang gelombang tertinggi tercatat pada angka 1,2 meter saja. Sisanya jauh di bawah, ada yang 50 sentimeter hingga 80 sentimeter saja.

Setidaknya, gelombang tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut tersebut memenuhi halaman rumah hingga lapangan parkir di beberapa negara yang melaporkan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harry Styles Ikuti Audisi Peran Elvis Presley

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:06 WIB

Puluhan Anak di India Alami Flu Tomat, Apa Itu?

Jumat, 13 Mei 2022 | 14:20 WIB
X