Asteroid-Asteroid Ini Diperkirakan Mendekati Bumi di 2022, Apa Saja?

- Senin, 3 Januari 2022 | 14:48 WIB
Asteroid mendekati bumi (Pikiran Rakyat)
Asteroid mendekati bumi (Pikiran Rakyat)

SUARAMERDEKA.COM – Tahun baru 2020 ini akan ada beberapa kejutan tidak menyenangkan, salah satunya adalah asteroid seukuran bus kecil yang dilaporkan Badan Penerbangan dan Antariksa NASA akan mendekati Bumi di minggu pertama Januari.

Berdasarkan dari laporan Inverse, asteroid sebesar bus kecil tersebut akan melintasi Bumi pada 06 Januari 2022. Kemungkinan besar tidak akan menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Asteroid yang diberi nama 2014 YE 15 ini memiliki diameter 42 kaki. Jika dibandingakan dengan asteroid lainnya yang sering melintasi Bumi secara berkala, asteroid ini maih tergolong kecil.

Baca Juga: Israel Laporkan Kasus Langka, Flurona, Gabungan Corona dan Influenza

Diprediksikan, asteroid 2014 YE 15 akan melintas dekat Bumi pada 06 Januari, dimana jaraknya adalah 4 juta 6 ratus ribu mil.

Asteroid sebesar bus ini termasuk dalam gerombolan asteroid Aten yang melayang melingkari Matahari di antara Bumi dan Merkurius.

Suatu asteroid yang ukurannya lebih besar dari 150 meter dan berada pada jarak 4,6 juta mil dari Bumi menjadikannya obyek yang berbahaya menurut NASA. Karena itu, mempertimbangkan ukurannya, 2014 YE 15 bukanlah objek yang berbahaya.

Baca Juga: Penyanyi Nindy Ellesse Meninggal Dunia di Usia 54 Tahun, Ini Profilnya

Akan tetapi, hal tersebut bisa menjadi masalah jika asteroid itu beberapa inci lebih dekat ke arah Bumi, karena asteroid dengan ukuran seperti itu dapat menciptakan kehancuran besar jika mereka menabrak planet kita.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Serbia: Djokovic dapat Informasi Menyesatkan

Senin, 17 Januari 2022 | 18:18 WIB

Kazakhstan Bergejolak, Dipicu Kenaikan Bahan Bakar

Sabtu, 8 Januari 2022 | 17:32 WIB
X