Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

- Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB
Jamaah Umrah  (Utku Uçrak)
Jamaah Umrah (Utku Uçrak)

ARAB SAUDI, suaramerdeka.com – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan sejumlah aturan baru bagi jamaah umrah dari luar negeri di masa pandemi Covid-19, terutama terkait vaksinasi.

Melalui Twitter, kementerian itu menyatakan jemaah yang datang dari luar negeri dengan menggunakan visa umrah dan telah disuntik vaksin secara penuh dan diakui Kerajaan Arab Saudi dapat langsung melaksanakan umrah serta tidak dikarantina institusional.

Vaksin yang telah diakui oleh pemerintah Arab Saudi adalah produksi dari Pfizer BioNtech, AstraZeneca, Covishield, SK Bioscience, Moderna, dan Johnson & Johnson. Khusus untuk Johnson & Johnson, hanya dibutuhkan satu dosis.

Baca Juga: Lansia Datangi Konser BTS, ARMY Terharu: Musisi Sejati Guncang Hati Tanpa Pandang Usia

Sedangkan jamaah umrah dari luar negeri dengan menggunakan visa umrah dan sudah disuntik vaksin penuh dua dosis dengan vaksin yang diakui oleh WHO, diberlakukan karantina institusional selama 3 hari.

Setelah melaksanakan karantina selama 3 hari, kelompok jemaah tersebut harus mengikuti tes PCR. Bila hasilnya negatif Covid-19, maka diperbolehkan melaksanakan ibadah umrah.

Arab Saudi sudah mencabut penangguhan penerbangan dari Indonesia terhitung mulai 1 Desember mendatang tanpa harus transit ke negara ketiga.

Baca Juga: Gala Masuk Nominasi Mom And Kids Awards 2021, Netizen Sedih Lihat Gala Berjuang Sendiri

Akan tetapi, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Hilman Latif mengatakan pihaknya belum bisa memastikan keberangkatan calon jamaah umrah asal Indonesia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perang Dunia Semakin Menguat, Ini Kata Pakar Militer

Senin, 26 September 2022 | 14:35 WIB
X