Australia Hadapi Cuaca Ekstrem, Listrik Padam, Pohon Ambruk Banjir Menerjang

Red
- Kamis, 10 Juni 2021 | 20:37 WIB
foto: AP/dok
foto: AP/dok

VICTORIA, suaramerdeka.com - Australia tenggara diterjang bencana, cuaca ekstrem berupa Banjir, Salju dan Angin Kencang membuat ratusan ribu orang terperangkap di dalam rumah.

Kondisi ini diperparah dengan putusnya aliran listrik ke lebih dari 200 ribu rumah.

Sistem cuaca ekstrem yang melanda negara bagian Victoria dan ibu kotanya, Melbourne, pada Rabu malam itu menimbulkan angin dengan kecepatan hingga 199 kilometer per jam dan curah hujan hingga 20 sentimeter, kata pakar cuaca Kevin Parkin. Tidak ada laporan mengenai korban luka parah.

Baca Juga: Dispuspa Kabupaten Magelang Raih Penghargaan Kearsipan

Sementara angin dan hujan mereda pada hari Kamis, risiko banjir bertambah dengan meningkatnya permukaan air sungai.

Menurut Layanan Darurat negara bagian Victoria, sekitar 220 rumah yang terancam oleh sungai yang meluap diperintahkan untuk mengungsi di Traralgon, di sebelah timur Melbourne.

Negara bagian berpenduduk terpadat kedua di Australia itu belum pernah dilanda angin dan hujan seperti itu sejak 2008, kata para pejabat.

Beberapa ruas jalan utama telah ditutup karena banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. Tiang listrik yang ambruk juga menimbulkan ancaman dan membuat listrik padam di lebih dari 200 ribu rumah di berbagai penjuru Victoria.

Baca Juga: Bertolak ke Brebes, Ganjar Cek Pelaksanaan Vaksinasi dan Instruksikan 3T

Layanan darurat menerima lebih dari 5.000 panggilan telepon meminta bantuan, dan 3.500 di antaranya terkait dengan pohon yang tumbang menimpa rumah dan memerangkap warga.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X