Akun Facebook Donald Trump Diblokir Selama Dua Tahun

DTC
- Sabtu, 5 Juni 2021 | 17:54 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Reuters)
Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, suaramerdeka.com - Facebook mengumumkan memblokir akun mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump selama 2 tahun hingga 2023.

Pemblokiran tersebut diberikan kepada Donald Trump karena dianggap karena melanggar aturan platform terkait serangan yang dilakukan oleh pendukungnya di Gedung Capitol, Amerika Serikat.

"Mengingat beratnya keadaan yang menyebabkan penangguhan tuan Trump, kami percaya tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami yang pantas mendapatkan hukuman tertinggi yang tersedia di bawah protokol penegakan baru," kata Wakil Presiden Urusan Global Facebook, Nick Clegg, Sabtu (5/6/2021), seperti dikutip dari detik.com.

Baca Juga: Kapal Alami Kerusakan Mesin, 81 Warga Rohingya Terdampar di Pulau Idaman Aceh

Blokir akun Trump akan dicabut jika risiko terhadap keamanan publik dianggap oleh Facebook berkurang. Facebook akan terus berkoodinasi dengan sejumlah ahli terkait keputusan memblokir akun Trump.

"Jika kami menentukan bahwa masih ada risiko serius terhadap keselamatan publik, kami akan memperpanjang pembatasan (blokir akun Donald Trump) untuk jangka waktu tertentu dan terus mengevaluasi kembali hingga risiko itu surut," kata Clegg.

Setelah penangguhan akun Donald Trump sudah dicabut, Facebook akan secara ketat mengawasi aktivitas akun eks presiden Amerika Serikat itu. Jika terbukti melanggar lagi, maka Facebook mengancam akan menghapus permanen akun Donald Trump.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Sinovac China Akhirnya Disetujui WHO untuk Daftar Penggunaan Darurat

"Kami tahu keputusan hari ini akan dikritik oleh banyak orang di pihak yang berlawanan dari perpecahan politik," kata Clegg.

"Tetapi, tugas kami adalah membuat keputusan dengan cara yang proporsional, adil, dan transparan, sesuai dengan instruksi yang diberikan kepada kami oleh Dewan Pengawas," terangnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X