AS Umumkan akan Distribusi 80 Juta Vaksin ke Negara Lain

- Kamis, 3 Juni 2021 | 16:43 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Foto: Reuters
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Foto: Reuters

WASHINGTON, suaramerdeka.com - Presiden AS Joe Biden mengumumkan rencana untuk mengekspor 80 juta dosis vaksin virus corona ke negara lain.

"Dalam beberapa hari, bahkan mungkin paling cepat besok, presiden akan mengumumkan secara lebih rinci rencana yang dia susun untuk mendorong 80 juta vaksin ke seluruh dunia," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken di AS, saat kunjungan terakhir ke Amerika Latin, Rabu 2 Juni 2021.

Menutip dari TRT World, Kamis (3/6), Blinken menegaskan bahwa rencana distribusi AS akan dikoordinasikan dengan fasilitas berbagi vaksin COVAX dan berdasarkan kebutuhan tanpa ikatan politik.

Baca Juga: Naik BRT Trans Semarang Setiap Selasa Cukup Tukarkan Wadah Air Mineral

"Kami akan melakukan koordinasi dengan COVAX dan berdasarkan kebutuhan tanpa ikatan politik apa pun," kata diplomat tinggi AS itu, merujuk pada program pembagian vaksin global.

Blinken mengatakan, hal itu terjadi setelah pemerintahan Biden diminta oleh LSM dan pemerintah lain agar AS menggunakan surplus vaksinnya yang besar untuk membantu negara-negara yang berjuang melawan Covid-19.

Biden baru-baru ini mengumumkan rencana untuk melepaskan 20 juta dosis lagi selama enam minggu, sehingga total yang dialokasikan untuk pengiriman pada akhir Juni menjadi 80 juta.

Baca Juga: BBM Premium Dihapuskan, Masyarakat Perlu Sosialisasi dan Edukasi Matang

Inisiatif ini juga berusaha untuk mengatasi kekhawatiran bahwa Moskow dan Beijing telah mengambil keuntungan dari krisis di seluruh dunia untuk menyebarkan pengaruh melalui distribusi inokulasi mereka sendiri dalam apa yang disebut kontes "diplomasi vaksin".

Biden mengatakan langkah itu akan berusaha untuk merebut kembali "kepemimpinan Amerika" dalam perjuangan global melawan pandemi.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: TRT World

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X