Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 Komitmen untuk Berhenti

Red
- Senin, 31 Mei 2021 | 16:35 WIB
foto:sm/dok
foto:sm/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - “Commit to Quit” atau “Komitmen untuk Berhenti” adalah tema yang diusung dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 yang jatuh pada 31 Mei hari ini.

Berhenti dari ketergantungan tembakau memang menjadi tantangan tersendiri masyarakat dunia, terutama bagi mereka yang memiliki tekanan sosial dan ekonomi.

Tetapi, banyak alasan untuk berhenti merokok demi kesehatan bersama.

Berdasarkan data, sebanyak delapan juta orang di dunia pertahun meninggal akibat perilaku merokok.

Kondisi itu melatarbelakangi gerakan kampanye berani berhenti merokok pada hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 dengan menandatangi petisi daring 31 Mei hingga 31 Desember 2021.

Untuk itu, WHO merekomendasikan semua orang memahami dan meningkatkan kesadaran akan risiko penggunaan tembakau dan produk turunannya bagi kesehatan.

Setiap 31 Mei, masyarakat dunia memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Ini merupakan satu dari delapan hari kesehatan masyarakat global yang diinisiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mengutip website resmi WHO, sejarah Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day ini untuk menginformasikan kepada publik tentang bahaya penggunaan tembakau.

Negara-negara anggota WHO mencanangkan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 1987 untuk menarik perhatian global terhadap epidemi tembakau dan kematian, serta peyakit yang dapat dicegah.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat! Putri Bill Gates Resmi Menikah Secara Islam

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:09 WIB
X