Malaysia Berlakukan Lockdown Mulai 1 Juni, 3 Fase Diberlakukan

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 13:09 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

MALAYSIA, suaramerdeka.com - Malaysia menerapkan lockdown total di seluruh negeri selama 14 hari, terhitung diberlakukan 1 Juni - 14 Juni 2021. Majelis Keselamatan Negara (MKN) Malaysia mengatakan, karantina berskala nasional ini diterapkan untuk membendung penyebaran Covid-19.

Pada fase pertama lockdown total, seperti diungkapkan kantor berita Malaysia sebagaimana dikutip dari Kata Data, semua sektor non-esensial akan dilarang beroperasi kecuali sektor ekonomi dan layanan penting.

"Keputusan ini dibuat setelah mempertimbangkan situasi terkini penularan Covid-19 di Malaysia dengan jumlah kasus harian telah melebihi 8.000 kasus dan kasus aktif melebihi 70 ribu kasus," demikian pernyataan MKN Malaysia, seperti dikutip dari Antara, Jumat (28/5).

Tercatat hingga Jumat malam, sebanyak 2.552 orang di Malaysia meninggal dunia akibat Covid-19. Sementara itu, angka kematian harian terus meningkat.

"Keberadaan varian-varian baru virus corona yang lebih ganas dengan kadar penularan yang tinggi juga turut mempengaruhi keputusan hari ini," demikian pernyataan MKN Malaysia.

Daalam pernyataannya, MKN Malaysia menyatakan bahwa peningkatan kasus harian berdampak terhadap kapasitas rumah sakit rujukan pasien Covid-19 semakin terbatas. "Sekiranya lockdown fase pertama ini berhasil mengurangi kasus-kasus harian Covid-19, pemerintah akan melaksanakan lockdown fase kedua," tulis MKN Malaysia.

Dalam lockdown fase kedua, pemerintah akan mulai melakukan pelonggaran. Sektor yang tidak memicu kerumunan akan kembali diizinkan beroperasi. Namun, dengan catatan protokol kesehatan harus diterapkan.

Masyarakat diingatkan agar Gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

Rencananya, lockdown total fase kedua diterapkan empat minggu setelah fase pertama selesai. "Lockdown fase kedua ini akan dilaksanakan untuk tempo empat minggu selepas fasa pertama berakhir," tulis MKN Malaysia.

Halaman:

Editor: Maya

Terkini

Kasus Covid-19 Korea Selatan Tembus Angka 3.000

Sabtu, 25 September 2021 | 15:47 WIB
X