Hujan Selama 3 Jam Picu Banjir Bandang di Singapura

- Sabtu, 17 April 2021 | 21:45 WIB
(istimewa)
(istimewa)

SINGAPURA, suaramerdeka.com - Hujan deras yang berlangsung selama 3 jam memicu terjadinya bencana banjir bandang di Singapura, Sabtu, 17 April 2021. Mengutip dari Mothersip, curah hujan tercatat mencapai 161,4 mm.

Angkat tersebut sesuai dengan 91 persen rata-rata curah hujan bulanan Singapura pada April dan berada dalam 0,5 teratas dari catatan curah hujan maksimal sejak 40 tahun terakhir atau tahun 1981.

Genangan banjir merendam wilayah antara Nexus dan Sime Darby di Bukti Timah juga terendam. Selain itu juga Jurong, dan Ulu Pandan. Badan air nasional Singapura, PUB menyatakan tim cepat tanggap telah dikerahkan ke lokasi banjir bandang untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. PUB juga mengeluarkan risiko banjir untuk lebih dari 20 lokasi.

Sekitar pukul 13.20 waktu setempat, dalam cuitan di Twitter, PUB mengingatkan bahwa ada risiko banjir di Kanal Ulu Pandan dekat Pine Grove, dengan ketinggian air 100 persen.

Sekitar setengah jam kemudian, PUB men-tweet peringatan serupa tentang risiko banjir di Sime Darby Centre di sepanjang Dunearn Road. Foto-foto dan video yang beredar menunjukkan lalu lintas yang lambat di area jalan yang terendam banjir.

Seorang warga yang tinggal di sepanjang Jurong East Street 32 mengatakan daerah tersebut "belum pernah banjir seperti ini sebelumnya". Warga yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan polisi telah menutup kawasan itu untuk mencegah mobil melintas.

Badan Meteorologi Singapura mengatakan di Twitter pada pukul 14.47 hari ini, hujan deras dengan angin kencang diperkirakan akan terus berlanjut di banyak wilayah Singapura hingga beberapa jam.

 

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Kasus Covid-19 Korea Selatan Tembus Angka 3.000

Sabtu, 25 September 2021 | 15:47 WIB
X