The Big Quit: Fenomena Resign Massal di Amerika Serikat, Apa penyebabnya?

- Kamis, 11 November 2021 | 18:02 WIB
Resign/Ilustrasi The Conversation
Resign/Ilustrasi The Conversation

 

SUARAMERDEKA.COM - Fenomena pengunduran diri atau resign secara global, The Big Quit semakin marak terjadi terutama di Amerika Serikat (AS).

Fenomena The Big Quit atau “The Great Resignation” ini terjadi sejak musim semi tahun ini, di mana banyak pekerja yang mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Uniknya, fenomena The Big Quit ini justru terjadi ketika Pandemi Covid-19 tengah mengganggu perekonomian dunia tak terkecuali di Amerika Serikat.

Baca Juga: Semarang Sketchwalk Nyeket di Kota Lama Semarang

Biasanya pengunduran diri serempak marak terjadi ketika ekonomi sedang meningkat dan angka pengangguran rendah, tapi kali ini yang terjadi justru sebaliknya.

The American "Big Quit," atau "Great Resignation" adalah fenomena pasca-vaksinasi yang menyentuh semua orang mulai dari pekerja McDonalds hingga insinyur perangkat lunak.

Sebuah rekor 4 juta orang berhenti dari pekerjaan mereka pada bulan April, banyak dari mereka di industri bergaji rendah dan tidak fleksibel seperti pada sektor ritel.

Baca Juga: Kim Seon Ho Gagal Gabung di 2 Produksi Film Ini, Begini Alasan Produser

Laporan Job Openings and Labor Turnover Survey (JOLTS) mengungkapkan, Amerika Serikat (AS) mencatat rekor terbaru dengan 4,3 juta orang memilih berhenti kerja pada Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X