Vaksin Saja Tak Cukup, Pfizer Buat Obat Anti Covid-19, Klaim Efektif Hingga 89 Persen

- Sabtu, 6 November 2021 | 16:28 WIB
Vaksin Pfizer. (foto: pikiran-rakyat.com)
Vaksin Pfizer. (foto: pikiran-rakyat.com)

SUARAMERDEKA.COM - Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer Inc mengumumkan telah dalam eksperimen membuat obat Covid-19.

Menurut Pfizer, hasil eksperimen obat anti virus buatannya yang mampu menurunkan kemungkinan rawat inap atau kematian bagi orang dewasa yang berisiko penyakit parah hingga 89%.

Melalui website resmi perusahaannya, Pfizer mengumumkan hasil eksperimen tersebut, Jumat 5 November 2021.

Baca Juga: Roy Suryo Menduga Tubagus Joddy Bawa Mobil Kecepatan Lebih dari 159 Km Per Jam

Pfizer mengatakan obat yang baru ini nantinya akan dikombinasi dengan obat anti Covid-19 yang dibuat sebelumnya, Ritonavir, agar bisa dikonsumsi di rumah sebelum pasien terserang gejala parah dan harus masuk rumah sakit.

Hasil analisis interim, yang dilakukan sebelum uji klinis tuntas semuanya, menunjukkan obat Pfizer bisa mencegah pasien Covid-19 masuk rumah sakit atau meninggal dunia hingga 89%, jika tidak terlambat dikonsumsi.

"Perusahaan ini mengumumkan hasil uji coba pil antivirus yang mampu memangkas risiko COVID-19 parah hingga 89%. Pil ini akan menjadi senjata baru dalam perang melawan pandemi dan akan tersedia secara global secepat mungkin," tulis perusahaan tersebut, seperti dikutip NBCNews, Sabtu 6 November 2021.

Baca Juga: Ahli Konstruksi Jalan Soroti Kasus Kecelakaan Vanessa Angel: Salah Membangun Jalan Tol dengan Beton Semen

Dalam keterangannya, Pfizer mengumumkan hasil uji coba yang menunjukkan bahwa obat pil Pfizer melampaui pil Merck & Co Inc (MRK.N), molnupiravir, yang bulan lalu dinyatakan mengurangi separuh kemungkinan kematian atau dirawat di rumah sakit untuk pasien COVID-19 yang berisiko tinggi berpenyakit serius.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Serbia: Djokovic dapat Informasi Menyesatkan

Senin, 17 Januari 2022 | 18:18 WIB
X