Duel Beraroma Dendam

Red
- Selasa, 16 Februari 2021 | 01:17 WIB
Fransisco Trincao : Kylian Mbappe
Fransisco Trincao : Kylian Mbappe

BARCELONA, suaramerdeka.com- Duel Barcelona Vs PSG di Liga Champions bakal menjanjikan pesta gol. Pertemuan kedua tim yang terbukti pasti menghasilkan gol. Bahkan tak jarang lebih dari empat gol tercipta bila dua klub tersebut bertemu. Barcelona dan PSG sudah 11 kali berhadapan di kompetisi Eropa. Hasilnya, Barcelona masih unggul head-to-head dengan catatan 5 kali menang, 3 kali imbang, dan 3 kali tumbang. Barcelona dan PSG terakhir bertemu pada babak 16 besar Liga Champions 2016/2017. Laga dua leg tersebut menghasilkan 11 gol. PSG menang 4-0 pada leg pertama dan dibalas kemenangan 6-1 Barcelona pada leg kedua. Pada musim 2014/2015, Barcelona juga berhasil mengatasi perlawanan PSG di Liga Champions dengan membukukan kemenangan 3-1 dan 2-0.

Semusim sebelumnya Blaugrana dan Les Parisiens saling berbalas gol ketika bertemu di fase grup. PSG menang 3-2 pada pertemuan pertama dan Barcelona menang 3-1 pada pertemuan kedua. Pertemuan perdana PSG dan Barcelona di Liga Champions, yang terjadi di perempat final musim 2012/2013, juga dihiasi enam gol. Skor imbang 2-2 terjadi di Parc des Princess, sementara skor 1-1 menjadi hasil akhir di Camp Nou. Total dari delapan pertandingan tersebut terdapat 32 gol atau secara ratarata menghasilkan empat gol per pertandingan. Barcelona menceploskan 19 gol dan sisanya merupakan gol PSG.

Dalam delapan pertemuan tersebut, Barcelona tercatat empat kali menjamu PSG tanpa pernah kalah di kandang dengan rincian tiga kemenangan dan satu kali seri. Sementara PSG dua kali menang di kandang, sekali seri dan sekali kalah. Fakta itulah, membuat Ousmane Dembele menilai laga Barcelona vs Paris Saint-Germain akan beraroma dendam. Les Parisiens tentu ingin membalas kekalahan menyakitkan pada 2017 silam. Laga Barcelona vs PSG pada leg pertama babak 16 besar di Camp Nou bakal digelar Rabu (17/2) dini hari WIB. El Barca punya kenangan indah kala berduel dengan PSG di ajang Si Kuping Besar.

Meski demikian, Dembele mengatakan kubu Barcelona saat ini sama sekali tak ingin membahas kenangan manis di masa lalu tersebut di ruang ganti. Ia menegaskan anak asuhan Ronald Koeman sepenuhnya fokus untuk menghadapi Les Parisens di laga Rabu dini hari nanti. ‘’Akan ada Aroma balas dendam. Juga, terima kasih kepada media yang mencoba menghidupkan berbagai hal soal ini.’’ ‘’Namun, kami tidak membicarakannya di dalam skuad karena kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami tahu PSG, mereka adalah runner-up di Liga Champions dan mereka salah satu favorit untuk memenangkan gelar,” jelasnya. Barcelona memiliki senjata baru yakni Francisco Trincao, yang disebut sebagai musuh Lionel Messi. Trincao sedang tampil bagus di Barcelona. Penyerang sayap berusia 21 itu mencetak dua gol saat Barcelona menang telak 5-1 atas Alaves di Liga Spanyol pada akhir pekan lalu. Dua gol itu menambah pundi-pundi gol Trincao dalam tiga laga terakhir menjadi tiga gol. Sebelumnya, ia mencetak satu gol yang menentukan kemenangan Barcelona atas Real Betis di Liga Spanyol, 7 Februari lalu.

Torehan tiga gol dari tiga laga jadi bukti kehebatan Trincao. Mantan pemain SC Braga itu bisa muncul sebagai pembeda lewat perannya sebagai penyerang sayap kanan. Pemain yang dikabarkan jadi musuh Messi di Barcelona itu bukan hanya produktif. Trincao juga punya kecepatan dan skill yang memadai untuk merepotkan pertahanan timtim lawan. Di laga melawan Alaves, Trincao mampu menjalin kombinasi yang baik dengan Messi.

Trincao bahkan sebenarnya bisa mencetak lebih dari dua gol andai kiper Alaves, Fernando Pacheco tidak tampil apik di bawah mistar. Performa apik Trincao juga mengundang pujian dari pelatih, Ronald Koeman. Koeman menilai Trincao sedang dalam kepercayaan diri tinggi. ‘’Memiliki kepercayaan diri sangat penting. Anda harus menerima bahwa banyak pemain butuh waktu untuk beradaptasi.

Saya pikir dia sangat terlibat dalam permainan tim, dia juga sangat baik di latihan,’’kata Koeman. Dengan kehadiran Trincao, lini belakang PSG tidak boleh hanya fokus kepada Messi. Jika hal itu lalai dilakukan, Trincao bisa jadi mimpi buruk Les Parisiens yang berharap bisa membawa pulang hasil positif dari Camp Nou.

Tanpa Neymar

Sementara PSG dinaungi berita buruk soal cedera bintang mereka, Neymar Junior. Melalui laman resmi PSG, Neymar dipastikan akan absen selama empat minggu. Neymar mengalami cedera pangkal paha saat PSG menang atas Caen di ajang Coupe de France, Rabu (10/2) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. ‘’Setelah analisis pemeriksaan klinis dan pemindaian, diperkirakan Neymar akan absen selama sekitar 4 minggu tergantung pada perkembangan cederanya,’’bunyi pernyataan PSG.

Halaman:

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB

Dihantam Gelombang 4 Covid-19, Austria Lockdown Total

Senin, 22 November 2021 | 16:15 WIB

Hari Pohon Sedunia, Menghormati Jasa J Sterling Morton

Minggu, 21 November 2021 | 13:05 WIB
X