Mengejutkan, Dua Warga Brasil Terinfeksi Dua Varian Virus Covid-19

Red
- Selasa, 2 Februari 2021 | 14:15 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dua warga Brasil terkonfirmasi positif dua varian virus Covid-19 di saat bersamaan. Diduga ini merupakan kasus pertama di dunia, seorang pasien terinfeksi langsung oleh dua varian virus Covid-19.

Kasus ini muncul setelah peneliti di Universitas Feevale melakukan tes usap kepada 90 orang yang positif Covid-19 di Rio Grande dul, bagian selatan Brasil. Salah satu pasien terinfeksi virus varian baru yang dikenal dengan nama P.1 dan P.2.

Baca Juga: WHO Imbau Masyarakat Waspada Temuan Virus Corona Baru di Inggris

Varian P.1 mengejutkan dunia karena kebal terhadap vaksinasi. Munculnya varian baru ini membuat Inggris melarang semua perjalanan dari Amerika Selatan.  Pasien lainnya terinfeksi varian P.2 dan B.1.91, yang pertama kali muncul di Swedia. Varian ini belum pernah dipublikasikan dalam jurnal sains.

Baca Juga: Waspada Varian Baru Virus Corona, Australia Perketat Wilayah Brisbane

Kepala peneliti studi, Fernando Spilki khawair, infeksi ganda ini bisa memicu kombinasi dan melahirkan varian baru Covid-19 dengan lebih cepat. Sementara itu, Direktur Worldwide Influenza Centre di Institut Francis Crick di London mengungkapkan, seorang pasien terinfeksi dua varian virus sangat memungkinkan terjadi seperti halnya seseorang yang terkena flu.

Baca Juga: Ditemukan Varian Baru Covid-19, Ini Gejalanya

Namun, peneliti senior yang tidak mau disebutkan namanya menengarai, ilmuwan di Brasil telah mengontainasi sampel selama pemeriksaan yang membuat hasil akhir tidak akurat.

Dilansir dari laman MailOnline, Brasil tengah mengalami gelombang kedua Covid-19 yang membuat lebih dari 1.000 orang meninggal setiap hari. Brasil adalah negara dengan jumlah kematian terbesar kedua akibat Covid-19 setelah Amerika Serikat. Saat ini, ada dua varian Covid-19 yang muncul di Brasil. Varian ini diyakini bisa menyebar lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB

Dihantam Gelombang 4 Covid-19, Austria Lockdown Total

Senin, 22 November 2021 | 16:15 WIB
X