Kerja Sama Indonesia-Swedia, Bappenas Petakan Potensi Kolaborasi dengan Pelaku Bisnis

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Menteri PPN / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat berkunjung ke Svenska Aeroplan Aktiebolaget (SAAB). (suaramerdeka.com / dok)
Menteri PPN / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat berkunjung ke Svenska Aeroplan Aktiebolaget (SAAB). (suaramerdeka.com / dok)

STOCKHOLM, suaramerdeka.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa membahas masa depan kerja sama Indonesia-Swedia yang melibatkan para pelaku bisnis, dalam kunjungan ke Svenska Aeroplan Aktiebolaget (SAAB) dan Ericsson di Stockholm, Swedia.

“Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Jerman, perdagangan Swedia dengan Indonesia masih jauh lebih rendah. Ada potensi besar untuk meningkatkan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Swedia,” tutur Suharso Monoarfa, Selasa 26 Oktober 2021.

SAAB merupakan perusahaan yang memproduksi alat-alat pertahanan untuk Swedia dan melayani pasar global melalui produk, layanan, dan solusi terkait kebutuhan pertahanan dan militer, termasuk untuk keamanan sipil.

Sementara Ericsson adalah perusahaan penyedia layanan teknologi informasi dan komunikasi.

Baca Juga: Berbagi Kiat Pengelolaan Jurnal Ilmiah, FH Unissula Terima Kunjungan Dosen UM Palembang

Total perdagangan Indonesia dengan Swedia didominasi sektor nonmigas, di mana ekspor ke Swedia masih didominasi produk berbasis komoditas, seperti lemak dan minyak hewani dan nabati.

Sementara, Indonesia juga mengekspor pakaian jadi dan pakaian rajutan, alas kaki, serta furnitur.

Sementara itu, lima produk yang paling banyak diimpor Indonesia dari Swedia adalah peralatan mekanik, kendaraan selain kereta api, kertas dan kertas karton, pulp kayu, dan mesin.

Kondisi ini ke depan perlu diubah dengan mendorong lebih banyak kerja sama perdagangan dan investasi terkait produk-produk bernilai tambah tinggi, termasuk produk dengan kandungan teknologi tinggi.

Baca Juga: Sejarah Sumpah Pemuda: Indonesia Raya Berkumandang, WR Soepratman Dimata-Matai Belanda

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X