Indonesia Ingin ASEAN Jadi Lokomotif Stabilitas, Presiden Minta Jangan Hanyut dengan Jargon

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Presiden Joko Widodo berpidato kala menghadiri KTT kesembilan ASEAN-AS yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 26 Oktober 2021. (BPMI Setpres / Lukas)
Presiden Joko Widodo berpidato kala menghadiri KTT kesembilan ASEAN-AS yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 26 Oktober 2021. (BPMI Setpres / Lukas)

BOGOR, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo menegaskan, Indonesia ingin ASEAN benar-benar dapat menjadi lokomotif stabilitas dan kesejahteraan kawasan.

Dalam pandangan Presiden Joko Widodo, tahun ini bukan tahun yang mudah bagi ASEAN.

“Kita hidup dalam situasi yang sangat dinamis, di mana rivalitas antara kekuatan besar menjadi makin mengemuka,” ujar Presiden Joko Widodo dalam KTT ASEAN ke-39 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

ASEAN, kata Presiden Joko Widodo, juga jangan hanyut dengan jargon-jargon yang membuat terlena.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Indonesia Membaik, Presiden Ingatkan 3 Hal yang Bisa Memicu Kenaikan

“Kita harus bekerja keras untuk memperkuat kesatuan dan sentralitas ASEAN. Kita harus segera memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN,” kata Presiden Joko Widodo.

Oleh karena itu, Gugus Tugas Tingkat Tinggi yang akan mulai bekerja tahun depan dalam mengembangkan Visi ASEAN pasca-2025 juga perlu membahas rekomendasi penguatan ASEAN.

Presiden menuturkan, Indonesia berharap, pada akhir tahun depan dapat menerima rekomendasi tersebut serta mengambil keputusan untuk penerapannya tahun 2023.

“Dengan demikian, ASEAN akan siap dan segera lepas landas untuk mewujudnyatakan Visi Baru pasca-2025. Indonesia telah menyampaikan concept paper bagi pembahasan mengenai penguatan ASEAN. Saya sangat menghargai dukungan para pemimpin ASEAN terhadap inisiatif Indonesia ini,” kata Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Kecelakaan LRT dan Bus Transjakarta, Puan Minta Investigasi Menyeluruh

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X