Covid-19 ASEAN Menurun, Presiden Joko Widodo Tekankan Percepatan dan Penguatan Bidang Kesehatan

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo berpidato kala menghadiri KTT kesembilan ASEAN-AS yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 26 Oktober 2021. (BPMI Setpres / Lukas)
Presiden Joko Widodo berpidato kala menghadiri KTT kesembilan ASEAN-AS yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 26 Oktober 2021. (BPMI Setpres / Lukas)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin ASEAN untuk melakukan sejumlah langkah percepatan dan penguatan di bidang kesehatan.

Dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-38, Presiden Joko Widodo menyebut, penurunan angka kasus Covid-19 di kawasan ASEAN harus bisa dimanfaatkan sebagai momentum untuk bangkit bersama.

Langkah pertama, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya percepatan vaksinasi di kawasan.

Saat ini, tingkat vaksinasi penuh di kawasan ASEAN masih 10 persen di bawah rata-rata dunia.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Ini Bisa Dipakai untuk Meriahkan Sumpah Pemuda, Cek Link-nya

ASEAN harus terus melakukan pembelian vaksin untuk anggotanya, terus memerangi diskriminasi dan politisasi vaksin, dan menyuarakan pentingnya kesetaraan akses vaksin bagi semua,” tegas Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa 26 Oktober 2021.

Kedua, Presiden Jokowi menekankan pentingnya penguatan arsitektur kesehatan kawasan dalam mengatasi pandemi ke depan mutlak segera dilakukan.

Harmonisasi kebijakan darurat kesehatan publik antarnegara ASEAN, terkait dengan deteksi, mitigasi, dan cross border policy, harus segera dilakukan.

Covid-19 ASEAN Response Fund harus ditransformasikan menjadi pendanaan kesehatan kawasan yang kuat.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Kumpulan Quotes Keren Ini Bisa Bangkitkan Rasa Nasionalisme!

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X