Perkuat Dampak Perubahan Iklim, Indonesia Komitmen Dorong Kerja Sama dengan Uni Eropa

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:24 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan Executive Vice-President of the European Commission, H.E. Mr. Frans Timmermans. (ekon.go.id)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan Executive Vice-President of the European Commission, H.E. Mr. Frans Timmermans. (ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com -Indonesia berkomitmen untuk mendorong kerja sama dengan Uni Eropa dalam memperkuat ambisi penanganan dampak perubahan iklim di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Kerja sama global penting dilakukan Indonesia, termasuk dengan Uni Eropa untuk memastikan aspek ketersediaan dan keterjangkauan dalam pengembangan energi baru dan terbarukan.

Hal itu Airlangga dalam pertemuan dengan Executive Vice-President of the European Commission, H.E. Mr. Frans Timmermans dalam rangka membahas prioritas dan posisi/kebijakan Indonesia di COP26 Glasgow, Selasa, 19 Oktober 2021.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki sumber daya yang mampu memberikan banyak kontribusi pada penanganan dampak perubahan iklim global. Peningkatan kemitraan dan kerja sama global penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas adaptasi dan ketahanan, terutama bagi negara yang rentan terhadap dampak perubahan iklim,” kata Airlangga.

Baca Juga: Polda Jateng Bongkar Praktik Judi Kupon di Sukoharjo, 3 Pelaku Ditangkap

Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Indonesia sudah siap untuk melangkah lebih dari energi baterai.

Indonesia siap untuk mengembangkan tekonologi hydrogan sebagai bentuk komitmen pengurangan emisi serta adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi global yang konkrit untuk mencapai tujuan ini,” papar Airlangga.

Selain itu, pada pertemuan ini juga membahas peluang kerja sama Uni EropaIndonesia di bawah Green Deal.

EU Green Deal menetapkan target pengurangan emisi 55 persen pada 2030, dan Net Zero pada 2050.

Baca Juga: STQH Nasional XXVI: 2 Kafilah Jateng Masuk Jadi Finalis

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X