Arab Saudi Masih Terapkan Pembatasan Perlintasan Orang Asing, Ini Penjelasan KJRI

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:00 WIB
KJRI menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Terpadu (Yandu) di Madinah, Arab Saudi, yang berlangsung dari 15-16 Oktober 2021. (suaramerdeka.com / dok)
KJRI menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Terpadu (Yandu) di Madinah, Arab Saudi, yang berlangsung dari 15-16 Oktober 2021. (suaramerdeka.com / dok)

MADINAH, suaramerdeka.com - Konsulat Jenderal RI (KJRI) menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Terpadu (Yandu) di Madinah, Arab Saudi, yang berlangsung dari 15-16 Oktober 2021.

Yandu yang digelar untuk kali keempat di Madinah diawali dengan sosialiasi terkait perkembangan terbaru kebijakan Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pembatasan kegiatan masyarakat.

Disampaikan Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono, hingga saat ini Arab Saudi masih menerapkan pembatasan pergerakan atau perlintasan orang melalui penerbangan langsung dari Indonesia.

"Hanya warga negara asing dengan suntik dua dosis vaksin yang diakui Arab Saudi yang diperbolehkan kembali ke Arab Saudi," ucap Konjen RI Jeddah.

Baca Juga: Perpustakaan Umum Kota Magelang Kembali Dibuka, Pegiat Literasi Menyambut Baik

Konjen Eko Hartono menambahkan, WNI yang menggunakan vaksin asal China seperti Sinopharm dan Sinovac tetap harus mengambil suntik booster denga salah satu jenis vaksin yang diakui Arab Saudi, yaitu Pfizer/BioNTech, Oxford/AstraZeneca, Johnson&Johnson dan Moderna.

"Kalau tidakak, nanti (transit) empat belas hari di negara lain," kata Konjen.

Dijelaskan Konjen Eko, Indonesia menghadapi lonjakan kasus Covid-19 sangat parah pada Juli silam.

Namun, setelah pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat secara ketat, laju penyebaran bisa ditekan secara signifikan, sehingga Indonesia memperoleh pujian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Apa Bedanya Double dan Triple Cleansing? Berikut Penjelasannya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X