Takjub! KBRI Tokyo Gelar Virtual Tour Candi Borobudur

- Rabu, 21 Oktober 2020 | 10:36 WIB
istimewa
istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – KBRI Tokyo bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dan Balai Konservasi Borobudur mengadakan Virtual Tour ke Candi Borobudur pada Sabtu (17/10). Acara yang langsung disiarkan melalui aplikasi media sosial Instagram ini juga didukung Balai Konservasi Borobudur untuk mengenalkan Candi Borobudur kepada warga Jepang.

Virtual tour ini merupakan agenda kami untuk mempromosikan Candi Borobudur kepada market Jepang. Tur kali ini juga memakai bahasa Jepang, sehingga warga Jepang bisa langsung menikmati tur. Semoga dengan virtual tour kali ini bisa mengobati rindu warga Jepang untuk berkunjung ke Candi Borobudur secara langsung,” kata Sekretaris Perusahaan PT TWC Emilia Eny Utari dalam sambutan pembuka kegiatan kali virtual tour ini.

Saat ini, virtual tour menjadi inovasi solutif bagi industri pariwisata yang terpukul akibat pandemi Covid-19 ini. Di satu sisi, saat pandemik orang banyak berdiam diri di rumah, di sisi lain mereka sesungguhnya membutuhkan liburan, merindukan berwisata dan menikmati pemandangan yang indah serta suasana yang berbeda tanpa khawatir terdampak pandemi.

Nah guna menyiasati kondisi ini, banyak destinasi wisata mengadakan virtual tour. Melalui sosial media yang mereka kelola, tur secara virtual ini bisa mengobati kerinduan netizen untuk berwisata meski hanya lewat layar gawai masing-masing.

Berwisata secara virtual menjadikan pengalaman yang berkesan, di mana wisatawan diajak berkeliling secara pribadi untuk menikmati sebuah destinasi wisata. Selain tetap aman dan terhindar dari risiko penyebaran pandemi Covid-19, tur secara virtual ini memberikan euforia baru dalam berwisata dalam era digital dengan kecanggihan teknologi.

Virtual Tour Candi Borobudur yang disiarkan langsung melalui akun media sosial Instagram KBRI Tokyo ini ditonton hampir 2.700 netizen. Selain itu, sepuluh warga Jepang secara langsung menyaksikan virtual tour dari kantor KBRI Jepang. Mereka dapat langsung berinteraksi dengan pemandu wisata yang berada langsung di Candi Borobudur.

Baca juga: Inspirasi dari Relief Borobudur, Anak-Anak Muda Buat Masker Kain Tradisional

Pemandu wisata yang secara langsung menggunakan bahasa Jepang ini menjelaskan mulai dari asal-usul Candi Borobudur hingga beberapa relief seperti Kharmawibangga dan Lalitavistara. Pemandu juga menjelaskan keberadaan beberapa Gunung yang mengitari kawasan Borobudur serta juga keberadaan Pohon Bodi yang daunnya menyerupai bentuk Candi Borobudur.

Wakil KBRI Tokyo Meinarti Fauzie mengatakan kegiatan ini merupakan langkah efektif dalam mengenalkan kesiapan destinasi pariwisata nasional dalam menyambut wisatawan mancanegara saat pandemi usai.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X