Jumlah Kasus Covid-19 Meningkat di Seluruh Dunia, Eropa dan Amerika Mendominasi

VOA
- Rabu, 14 Oktober 2020 | 07:15 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JENEWA, suaramerdeka.com - Jumlah kasus Covid-19 dilaporkan meningkat di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Amerika. Bahkan, jumlah kasus yang dilaporkan mencapai angka tertinggi dalam empat hari terakhir. "Banyak kota dan negara juga melaporkan peningkatan rawat inap dan perawatan intensif," ujar Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, kala berbicara kepada wartawan, Senin (12/10) di Jenewa.

Diakuinya, belum pernah terjadi dalam sejarah kesehatan masyarakat, di mana kekebalan kelompok masyarakat digunakan sebagai strategi untuk menanggapi wabah, apalagi pandemi. Secara ilmiah dan etika, ini menjadi masalah.

Membiarkan virus berbahaya yang tidak sepenuhnya dipahami, bebas merajalela disebutkan tidak etis dan bukan sebuah pilihan dan ada banyak pilihan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan negara untuk mengontrol penularan dan menyelamatkan nyawa.

Pejabat WHO lainnya, Mike Ryan, yang juga turut berbicara di Jenewa, Senin (12/10), mengatakan sejauh ini kita sudah menyaksikan peningkatan kasus pandemi. Pelaporan insiden perawatan di rumah sakit dan kematian, tertinggal dibandingkan pelaporan peningkatan jumlah kasus, tetapi ia menambahkan perlu waktu beberapa minggu sampai jumlah tersebut masuk dalam sistem.

Namun, ia mengatakan WHO memahami dalam ketertinggalan tersebut, adanya periode yang mungkin mencerminkan pergeseran dalam kasus kelompok umur, atau sekurangnya telah menguji kasus di mana terdapat lebih banyak penyakit dalam kelompok usia lebih muda yang cenderung tidak dirawat di rumah sakit atau kasus yang tidak berakhir dengan kematian.

"Kami mulai menyaksikan situasi yang mengkhawatirkan di tempat-tempat seperti Perancis, Inggris, Irlandia dan negara-negara lain, yaitu terjadinya peningkatan dalam tingkat rawat inap, ruang perawatan intensif (ICU), perawatan di RS," kata dia.

Ia menegaskan sangat penting untuk memastikan sistem kesehatan bisa mengatasi kemungkinan peningkatan jumlah kasus di rumah sakit dan ICU selama beberapa minggu mendatang.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Selamat! Putri Bill Gates Resmi Menikah Secara Islam

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:09 WIB
X