Kapal Perang Amerika Serikat Langgar Teritorial, Rusia Beri Peringatan

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:49 WIB
Kapal USS Chafee/Foto Pikiran Rakyat
Kapal USS Chafee/Foto Pikiran Rakyat


SUARAMERDEKA.COM – Kementerian Pertahanan Rusia memberi pernyataan bahwa pada Jumat 15 Oktober 2021 sekitar pukul 17.00 waktu setempat, Kapal Perusak USS Chafee milik Amerika Serikat (AS) berusaha melanggar perairan teritorial Rusia.

Dilansir Sputnik, USS Chafee yang selama beberapa hari terakhir beroperasi di Laut Jepang mendekati territorial Federasi Rusia dan melakukan upaya untuk melintasi perbatasan negara.

Peristiwa itu terjadi saat Rusia dan China tengah melakukan latihan artileri ‘Interaksi Maritim 2021’ yang dilakukan di area tersebut, sehingga tertutup bagi kapal asing.

Baca Juga: Negara dengan Bulan Madu Terlama, Simak 5 Fakta Menarik Tajikistan

Kapal Perusak Rusia, Admiral Tributs mengeluarkan peringatan kepada USS Chafee mengenai ‘tidak menerima tindakan semacam itu,’ namun USS Chafee mengabaikan peringatan tersebut.

Alih-alih mengubah arah untuk meninggalkan wilayah laut tersebut, USS Chafee mengibarkan bendera yang menunjukkan persiapan lepas landas dari dek helikopternya.

Hal tersebut berarti kapal perang itu tidak akan mengubah arah dan kecepatannya dan mengambil tindakan melanggar perbatasa Federasi Rusia di Peter the Great Bay.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 13 Tokoh di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan, USS Chafee mengubah arah pada pukul 17.50 waktu setempat dan berbalik setelah berjarak kurang lebih 60 meter dari Admiral Tributs.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X