Akhir Penantian El Diablo

Red
- Senin, 28 September 2020 | 01:57 WIB
Quartararo Juara MotoGP Catalan : PEMBALAP tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo menjuarai MotoGP 2020 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (27/9), meski terjatuh saat pemanasan.
Quartararo Juara MotoGP Catalan : PEMBALAP tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo menjuarai MotoGP 2020 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (27/9), meski terjatuh saat pemanasan.

MONTMELO, suaramerdeka.com - Setelah enam seri, Fabio Quartararo akhirnya kembali meraih podium teratas pada MotoGP Catalunya, di Circuit de Barcelona, Catalunya, Montmelo, Minggu (27/9) tadi malam.

Kemenangan ini merupakan yang pertama setelah dua seri pembuka di Jerez, pada GP Spanyol dan GP Andalusia, Juli lalu. Negeri Spanyol tampaknya bertuah bagi pembalap Petronas Yamaha berkebangsaan Prancis tersebut. Setelah dua kali beruntun berjaya di Jerez, pada lima seri berikutnya yang digelar di luar Spanyol, jangankan juara, pembalap berjuluk El Diablo tersebut, bahkan tak pernah naik podium.

Raihan terbaiknya terjadi di GPEmilia Romagna and Rimini, pekan lalu, berada di posisi keempat. Tambahan 25 poin, membuat Quartararo kembali memimpin klasemen pembalap dengan 108 angka. Ia unggul delapan angka dari pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (Spanyol) yang finis pada urutan kedua di Catalunya.

Podium ketiga ditempati rekan setim Mir, Alex Rins (Spanyol). Adapun jagoan Monster Yamaha, Maverick Vinales (Spanyol) terlempar pada posisi kesembilan. Nasib tragis dialami rekan setimnya, Valentino Rossi yang kembali gagal finis. Penantang Juara Jagoan Ducati dari Italia Andrea Dovizioso yang musim ini digadanggadang sebagai penantang juara akibat ketiadaan Marc Marquez, juga terjatuh. Berawal dari pembalap Ducati, Danilo Petrucci (Italia), kehilangan kendali motor, ia lantas menyenggol pembalap Reale Avintia Ducati, Johann Zarco (Prancis). Akibatnya Zarco celaka menghantam Dovizioso. Insiden yang melibatkan tiga pembalap Ducati ini tentu saja sangat merugikan Dovi yang sebelum race memimpin klasemen pembalap. Dengan enam seri tersisa, persaingan menjadi juara dunia sangat ketat.

Dari enam seri tersebut, dua seri digelar di Spanyol yakni GP Aragon dan GP Valencia, yang barangkali akan kembali menguntungkan Quartararo.( J21-54)

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

X