Korea Selatan Perketat Pembatasan Wilayah

AFP, CNN
- Senin, 24 Agustus 2020 | 00:15 WIB
SM/AP : PERKETAT KEGIATAN : Korea Selatan kembali memperketat kegiatan di area publik guna menekan laju penularan virus korona yang kembali meningkat (45)
SM/AP : PERKETAT KEGIATAN : Korea Selatan kembali memperketat kegiatan di area publik guna menekan laju penularan virus korona yang kembali meningkat (45)

SEOUL, suaramerdeka.com - Korea Selatan akan memperketat pembatasan di beberapa wilayah untuk menekan angka penularan virus korona (Covid-19). Pembatasan ini dilakukan setelah Korea Selatan mencatat 332 kasus positif baru pada Sabtu (22/8).

Jumlah tersebut merupakan jumlah kasus harian terbanyak sejak awal Maret lalu. Pengetatan pembatasan sesungguhnya telah dilakukan sejak pekan lalu di wilayah Ibu Kota, Seoul setelah jumlah kasus harian mencapai 300 kasus dalam dua hari berturut-turut. ”Kami berada pada tahap yang sangat genting di mana kami dapat melihat permulaan gelombang kedua secara nasional,” kata Menteri Kesehatan, Park Neung-hoo mengutip AFP, Sabtu (22/8). Dia mengatakan bahwa mengontrol penyebaran virus korona merupakan prioritas tertinggi Negeri Ginseng itu.

Diperluas

Langkah-langkah pembatasan diperluas termasuk pembatasan pertemuan dan pertandingan olahraga yang akan diberlangsungkan tanpa penonton lagi. Semua pantai di Korea Selatan juga akan ditutup. Korea Selatan telah melaporkan total 17.002 infeksi virus korona dengan angka kematian berjumlah 309. Mayoritas kasus baru berasal dari wilayah Seoul.

Sebelumnya, Korea Selatan termasuk salah satu negara yang pertama kali menemukan kasus Covid-19 selain di dataran Tiongkok. Akan tetapi, Korea Selatan berhasi mengendalikannya dengan pelacakan (tracing) dan tes secara masif. Di sisi lain, Korea Selatan tidak pernah memberlakukan lockdown seperti di sebagian besar negara Eropa dan beberapa negara di dunia.

Dilansir dari AFP, Korea Selatan menjadi panutan oleh berbagai negara untuk memerangi pandemi Covid-19 dengan cara disiplin penerapan protokol kesehatan. Korea Selatan bahkan mulai mengizinkan penonton dalam jumlah terbatas di dalam pertandingan olahraga pada awal Juli lalu. Hal ini dibatalkan di wilayah Seoul minggu lalu dan akan dibatalkan secara nasional mulai Minggu (23/8).

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

Presiden Serbia: Djokovic dapat Informasi Menyesatkan

Senin, 17 Januari 2022 | 18:18 WIB

Kazakhstan Bergejolak, Dipicu Kenaikan Bahan Bakar

Sabtu, 8 Januari 2022 | 17:32 WIB
X