Tiga Ilmuwan Raih Nobel Fisika 2021 dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Teliti Fenomena Bumi

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 11:39 WIB
Nobel Fisika. (foto: pikiran-rakyat)
Nobel Fisika. (foto: pikiran-rakyat)

SWEDIA, suaramerdeka.com - Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia memutuskan untuk memberikan sebuah penghargaan kepada tiga ilmuwan yaitu Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann, dan Giorgio Parisi.

Penghargaan Nobel Fisika 2021 tersebut dibagikan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada Selasa, 5 Oktober 2021.

Ketiga ilmuwan tersebut mendapatkan anugerah Nobel Fisika 2021 atas kontribusi terobosannya bagi pemahaman tentang sistem fisik yang kompleks.

Baca Juga: Madagaskar Rasa Indonesia, Discover Indonesia Through Food, Music, and Culture

Mereka pun membagi rata hadiah yang mereka dapatkan dari penghargaan Nobel Fisika 2021 tersebut untuk studinya tentang fenomena bumi yang saat ini sedang dlanda kekacauan.

"Saya sangat senang dengan berita itu, saya juga tidak mengharapkan ini" ujar Giorgio Parisi pada saat wawancara lewat telepon di tempat.

Ia juga mengimbau dan mengingatkan agar para pendengar bertindak melawan pemanasan global.

Baca Juga: Sempat Bikin Gempar, Kasus Pelecehan Seksual Oleh Reynhard Sinaga Kembali Mencuat

Dilansir dari siaran pers dari Akademi, kedua dari tiga ilmuwan Syukuro Manabe dan Klaus Hasselmann membuat penelitian tentang dasar pengetahuan iklim bumi danbagaimana manusia mempengaruhinya.

Sedangkan Giorgio Parisi mendapatkan penghargaan tersebut berkat kontribusinya pada teori materi yang tidak teratur, prosesnya acak, namun revolusioner.

"Pemenang tahun ini semuanya telah berkontribusi pada kita untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang sifat dan evolusi sistem fisik yang kompleks," kata Thors Hans Hansson, ketua Komite Nobel Fisika, dalam rilisnya.

Syukuro Manabe merupakan seorang ahli meteorologi senior di Universitas Princeton di Amerika Serikat, kemudian Giorgio Parisi dan Klaus Hasselmann adalah seorang profesor, Giorgio di Sapienza University of Rome.

Sedangkan Klaus Hasselmann di Institut Meteorologi Max Planck di Hamburg, Jerman.

Akademi mengatakan bahwa jumlah hadiah dari penghargaan Nobel Fisika 2021 mencapai 10 juta kronor Swedia (sekitar Rp 16 miliar).(Mg7)


Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Artikel Terkait

Terkini

Selamat! Putri Bill Gates Resmi Menikah Secara Islam

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:09 WIB
X